Peserta
didik mengikut alur perkembangan manusia pada umumnya. Perbedaannya, mereka
menerima sentuhan lebih dibandingkan dengan tidak meniti bangku sekolah.Karena
itu, peserta didik memerlukan pengembangan sesuai dengan keterampilan, sikap,
perilaku, pengetahuan, dan nilai-nilai pribadi anggota masyarakat. Dalam makna
luas, perkembangan peserta didik mencangkup lima ranah, yang secara ringkas
disajikan seperti berikut ini.
Pages
▼
Sunday, May 31, 2015
Tuesday, May 26, 2015
Anatomi Pengembangan Peserta Didik
Pengembangan dan perkembangan peserta didik merupakan
evolusi progresif dari dimensi fisik, sosial, mental, budaya dan spiritual, dan
intelektual. Kelimanya tumbuh dan berkembang sebagai kesadaran dan mewujud
sebagai pengorganisasian dengan kekuatan-kekuatan yang lebih
Definisi Peserta Didik
Secara etimologi peserta didik dalam bahasa arab disebut
dengan Tilmidz jamaknya adalah Talamid, yang
artinya adalah “Murid”, maksudnya adalah “orang-orang yang mengingini
pendidikan”. Dalam bahasa arab dikenal juga dengan istilah Thalib, jamaknya
adalah Thullab, yang artinya adalah “mencari”, maksudnya
adalah “orang-orang yang mencari ilmu”. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw :
Tuesday, May 19, 2015
Setrategi Pembelajaran dan Model Pembelajaran Dikjas Adaptif Bagi ABK
Anak berkebutuhan khusus (ABK) ini ada dua kelompok, yaitu:
ABK temporer (sementara) dan permanen (tetap). Adapun yang
termasuk kategori ABK temporer meliputi: anak-anak yang berada di
lapisan strata sosial ekonomi yang paling bawah, anak-anak jalanan (anjal),
anak-anak korban bencana alam, anak-anak di daerah perbatasan dan di pulau
terpencil, serta anak-anak yang menjadi korban HIV-AIDS. Sedangkan yang
termasuk kategori ABK permanen adalah anak-anak
Program Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
Program pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus tidaklah
sama dengan siswa lainnya, karena setiap siswa memiliki karakteristik dan
kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan program pembelajaran yang
lebih khusus disesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut. Walaupun saat
pelaksanaan pembelajaran bersama-sama dengan siswa lain, tetapi program yang
harus diterapkan berbeda dengan program pembelajaran bagi siswa lainnya. Untuk
memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal maka diperlukan pengembangan maupun
modifikasi pembelajaran dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan setiap siswa.
Pengertian dan Kerakteristik Tunagrahita
A. Pengertian
Tunagrahita merupakan kata lain dari
Retardasi Mental (mental retardation). Tuna berarti merugi, Grahita berarti
pikiran. Retardasi Mental (Mental Retardation atau Mentally Retarded) berarti terbelakang mental.
Tunagrahita sering disepadankan dengan istilah-istilah, sebagai berikut :
Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi ABK
Untuk membantu para guru pendidikan jasmani mengembangkan
strategi pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus diperlukan metode yang
tepat sebagai cara dalam menyampaikan materi kepada siswa. Menurut Tarigan
(2000:45) ada 3 macam metode pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa
berkebutuhan khusus: 1. Metode bagian, 2. Metode keseluruhan, dan Metode
gabungan.
Tuesday, May 5, 2015
Pengertian dan Sejarah Atletik
Atletik
berasal dari bahasa Yunani, yaitu “athlon atau athlum” artinya pertandingan,
perlombaan, pergulatan, atau perjuangan. Orang yang melakukannya
dinamakan “athleta (atlet). Kita dapat menjumpai pada kata “pentahtlon yang
terdiri dari kata “panta” berarti lima atau panca athlon berarti lomba.
Arti selengkapnya adalah “panca lomba” atau perlombaan yang terdiri dari
lima nomor. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, atletik adalah
salah satu cabang olahraga yang dipertandingan atau diperlombakan yang
meliputi nomor jalan, lari, lompat, dan lempar.
Monday, May 4, 2015
Serba-Serbi Olahraga Softball
Permainan softball pertama kali diciptakan oleh George Hancock dari Amerika Serikat
pada tahun 1887, dan dimainkan
pertama kalinya di negara bagian Chicago
pada tahun 1933. Pada tahun 1906 permainan
softball ini mulai dibuatkan peraturan permainan oleh Lewis Robert, tetapi kemudian peraturan permainan ini diperbaiki lagi oleh Mathew pada tahun
1916.
Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola
A. Hakikat Sepak Bola
Sepak bola dalam permainan sesungguhnya dimainkan di atas
lapangan berbentuk segi empat dengan ukuran yang sudah ditentukan, yang
setiap regunya dimainkan oleh 11 pemain, termasuk penjaga gawang. Permainan
ini dibatasi dengan waktu 2 x 45 menit, istirahat 15 menit dan dipimpin
oleh satu orang wasit utama, dua orang hakim garis dan satu orang wasit
cadangan.
Peraturan Permainan Sepak Bola
Peraturan dalam permainan sepak bola, antara lain sebagai berikut.
1. Kick Off
Kick Off adalah tendangan pertama yang dilakukan oleh dua pemain
satu regu di lingkaran tengah lapangan saat mulai permainan.