Pengembangan dan perkembangan peserta didik merupakan
evolusi progresif dari dimensi fisik, sosial, mental, budaya dan spiritual, dan
intelektual. Kelimanya tumbuh dan berkembang sebagai kesadaran dan mewujud
sebagai pengorganisasian dengan kekuatan-kekuatan yang lebih
tinggi. Peserta
didik mengatur ekspresi energi mereka pada tingkat yang berbeda dengan cara
meningkatkan keterampilan, sikap, penguasaan informasi, pemahaman konseptual,
dan nilai-nilai yang dianut.
Selama proses ini berlangsung sifa kesadaran manusia
berevolusi dari lebih didominasi oleh dimensi fisik menjadi lebih mengandalkan
dan mementingkan dimensi dan mental, spiritual, dan intelektual. Semakin tinggi
tingkat kesadaran semakin tinggi pula energy dan kapasitas yang dimiliki oleh
peserta didik untuk melakukan apapun yang dihadapi dan harus dilakukannya.
Pada tatana kehidupan masyarakatpun, kita melihat bahwa
evolusi ketergantungan secara eksklusif bergeser dari sumber daya fisik ke
peningkatan kekuatan organisasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta sumber
daya mental dan spiritual. Pada diri individu peserta didik, kita melihat
perkembangan yang sama dari mereka yang mengekspresikan energi nyaris secara
ekslusif melalui kehidupan kerja manual ke semakin bergantung pada keterampilan
sosial dan pengetahuan mental untuk meningkatkan produktivitas energi fisik
mereka.
Baca Juga Artikel Lainnya
:
1. Definisi peserta didik
2. Anatomi Pengembangan Peserta Didik
3. Dimensi-Dimensi Peserta Didik
4. Hubungan Perkembangan Pesera Didik
Dengan Lingkungan
5.
Kebutuhan dan
Karaker Peserta Didik
6.
Problematika Peserta Didik 1
7.
Problematika Peserta Didik 2
8.
Tridimensi Peserta Didik
No comments:
Post a Comment