Apabila kita perhatikan anak-anak yang sedang berbaris di
depan kelas, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan ukuran jasmani.Adaanak yang
tinggi, pendek, kurus, dan gemuk dengan beraneka ragam bentuknya.
Pages
▼
Saturday, February 28, 2015
Perkembangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar (SD)
a.
Perkembangan Intelektual
Intelektual menurut para ahli
diantaranya menurut Wechler (1958) merumuskan intelektual sebagai
"keseluruhan ke-mampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara
terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif.
Intelektual bukanlah suatu yang
Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar (SD)
Mereka mengembangkan
rasa percaya dirinya terhadap kemampuan dan pencapaian yang baik dan relevan.
Meskipun anak-anak membutuhkan keseimbangan antara perasaan dan kemampuan
dengan kenyataan yang dapat mereka raih, namun perasaan akan kegagalan atau
ketidakcakapan dapat memaksa mereka berperasaan negatif terhadap dirinya
sendiri, sehingga menghambat mereka
Thursday, February 26, 2015
Karakteristi Perkembangan Anak Usia SMP dan SMA
A. Karakteristik Perkembangan Anak
Usia Sekolahmenegah Pertama (SMP)
a.
Perkembangan
Dalam Sikap Kognitif
Untuk membahas perkembangan
kognitif (berpikir) pada anak saat berada di sekolah menengah
pertama (SMP), dikemukakan pandangan dari Piaget, Vigotksy, dan para ahli
psikologi
Jenis-Jenis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Dasar (SD)
Pertama-tama peru
dijelaskan istilah “kebutuhan”, “Dorongan” dan “motif” Definisi dorongan atau
motif adalah suatu keadaan alasan pada diri seseorang untuk memicu untuk mencapai
suatu tujuan. Sedangkan Kebutuhan lebih sering digunakan untuk mengacu pada
keadaan fisiologis seseorang. Sehingga dorongan atau motif lebih merupakan
akibat psikologis dari suatu kebutuhan
Jenis-Jenis Kebutuhan Anak Usia SMP dan SMA
Pada dasarnya, kebutuhan yang terdapat pada anak usia SMP
dan SMA tidak jauh berbeda karena cara piker mereka yang relatif stabil dan
memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya.
Dapat dikatakan juga bahwa kebutuhan Primer adalah kebutuhan
yang terdapat pada anak usia SD, kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang
terdapat pada anak usia SMP, sedankan Tersier
Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia SMP dan SMA
1. Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memberikan
pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan
sosialnya. Kondisi dan tata cara kehidupan keluarga merupakan lingkungan yang
kondusif bagi sosialisasi anak. Proses pendidikan yang bertujuan
Dinamika Perilaku Individu Anak Usia SD, SMP dan SMA
Sudah cukup lama dirasakan adanya ketidakseimbangan antara
perkembangan intelektual dan emosional remaja di SMP dan SMA. Kemampuan
intelektual mereka telah dirangsang sejak awal melalui berbagai macam sarana
dan prasarana yang disiapkan di rumah dan di sekolah. Mereka telah dibanjiri
berbagai informasi, pengertian-pengertian, serta konsep-konsep pengetahuan
melalui media
Wednesday, February 25, 2015
Perasaan dalam Kelompok Olahraga
Didalam proses kelompok
dapat diamati dalam berbagai kegiatan. Akan tetapi disamping itu ada pula aspek
lain yang menyertai kegiatan kelompok itu, yaitu perasaan. Perasaan ini
penting, karena perasaan dapat merangsang atau menghambat produktifitas
kelompok. Dalam kaitannya dengan perasaan ini, manusia tidak pernah netral,
seperti kita senang atau tidak senang, tertarik atau tidak
Dinamika Dalam Kelompok Olahraga
Dinamika kelompok
menunjukan pada seperangkat konsep yang dipergunakan untuk melukiskan atau
menggambarkan proses-proses kelompok. Oleh karena itu, konsep-konsep tersebut
dapat pula digunakan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk
meningkatkan kualitas kelompok dalam arti meningkatkan iklimnya maupun
produktifitasnya.
Monday, February 23, 2015
Bentuk Interaksi Dalam Kelompok Olahraga
Dalam kondisi sosial,
olahraga memiliki bentuk-bentuk tersendiri. Misalnya, kelompok-kelompok atau
club-club olahraga, induk-induk organisasi olahraga, lembaga-lembaga olahraga
dan sebagainya. Tetapi semuanya itu memiliki suatu tingkat dinamika tertentu
yang menyebabkan pola-pola perilaku yang berbeda, tergantung pada setiap
situasi yang dihadapinya. Perubahan dan perkembangan
Saturday, February 21, 2015
Atletik ~ Jalan Cepat
Aktifitas Gerakan senam Lantai 2
Senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas permukaan lantai.
Senam lantai biasa dilakukan di dalam ruangan. Contohnya, di dalam gedung olahraga
atau aula. Gerakan-gerakan dalam senam lantai mengharuskan tubuh bersentuhan
dengan lantai. Karenanya, lantai diberi alas berupa matras atau kasur busa. Hal
itu untuk keselamatan dan keamanan saat berlatih. Senam lantai dibedakan
menjadi dua macam, yaitu senam lantai tanpa alat dan dengan alat.
Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani
Guna
meningkatkan taraf kebugaran jasmani seseorang diperlukan latihan yang
berkenaan dengan kondisi fisik. Kali ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur
kesegaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan olahraga, yaitu
kecepatan dan unsur kesegaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan
yaitu kekuatan, daya tahan, dan kelentukan.
Saturday, February 7, 2015
Aktifitas Gerakan Senam Lantai 1
A.
Pengertian Senam Lantai
Istilah senam merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, yaitu gymnastic atau gymnos
dalam bahasa Yunani (Greek)
yang artinya telanjang. Karena pada waktu
itu (zaman kuno) melakukan senam dengan badan
telanjang atau setengah telanjang. Sedangkan menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia bersenam adalah menggeliat atau
meregang-regangkan anggota badan
sehabis tidur.
Friday, February 6, 2015
Permainan Tenis Meja Lengkap
Permainan tenis meja baru dikenal di negara kita (Indonesia)
kira-kira pada tahun 1930. Pada waktu itu permainan tenis meja hanya dilakukan
oleh orang-orang Belanda saja, sebagai pengisi waktu luang atau untuk rekreasi
bagi orang-orang Belanda di balai-balai pertemuan. Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa permainan tenis meja pada waktu itu belum dikenal oleh masyarakat
Indonesia.