Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Monday, April 13, 2015

Variasi Dari Teknik Dasar Bermain Sepak Bola



Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan secara beregu atau berkelompok. Tiap-tiap regu terdiri atas 11 pemain. Tujuan utama dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Dalam permainan sepak bola diperlukan teknik permainan yang tinggi dengan kontrol bola yang prima, kerja sama yang terjalin rapi, serta semangat yang tinggi dari pemain.
Pada artikel kali ini, kamu akan mempelajari variasi dari teknik dasar bermain sepak bola yang meliputi teknik menendang, menggiring, dan menghentikan bola serta kombinasinya.


1.    Variasi Teknik Dasar Permainan Sepak bola
Untuk melatih penguasaan teknik dasar permainan sepak bola, kamu dapat melakukan variasi latihan, di antaranya sebagai berikut.

a.    Variasi Menendang Bola
Menendang bola dengan sasaran lingkaran yang digantung pada gawang. Latihan ini dilakukan secara berpasangan. Mulamula A menendang bola melewati lingkaran yang digantung pada gawang ke arah B da B menerimanya. Lakukan latihan tersebut
berulang-ulang secara bergantian.


b.   Variasi Menggiring Bola
Menggiring bola secara zig zag melalui 10 tiang pancang. Jarak masing-masing tiang dua meter. Garis start sama dengan garis finish. Latihan ini dilakukan secara berkelompok. Secara bergantian lakukan teknik menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki melewati tiang-tiang tersebut secara zig zag. Setelah sampai di tiang terakhir, lakukan putaran dan kembali menggiring bola melewati tiang secara zig zag hingga kembali ke garis start yang juga merupakan garis finish. Kegiatan ini dicatat waktunya.


c.    Variasi Menghentikan Bola
Dua orang saling berhadapan dengan jarak antara 3 - 8 meter. A menendang bola ke arah B dan B menghentikan bola dengan kaki, paha, perut, atau dada tergantung dari posisi datangnya bola. Lakukan secara bergantian. Begitu seterusnya sampai kamu menguasai teknik ini.


2.    Kombinasi Teknik Dasar Menggiring, Menendang, dan Menghentikan Bola
Latihan kombinasi teknik menggiring, menendang, dan menghentikan bola dilakukan secara berpasangan. Dua orang pemain yang saling berhadapan dengan jarak 8 sampai 20 meter. Di tengah-tengah ditancapkan dua buah bendera dengan jarak masing-masing 1 atau 2 meter sebagai gawang atau sasaran. Mula-mula A menggiring bola hingga dekat gawang, lalu A menendang bola dengan menggunakan berbagai macam bagian kaki ke arah B dan B menghentikannya. Bola harus melalui gawang. Lakukan secara bergantian.



Ucapan Terimakasih Kepada :
Penulis             : Moh. Ali Mashar dan Dwinarhayu
Judul Buku      : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Keolahragaan Untuk SMP
Tahun              : 2010
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software