Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Thursday, October 2, 2014

Pengertian Sepak Takraw



Pengertian Sepak Takraw
Sepak takraw berasal dari dua kata yaitu sepak dan takraw. “Sepak” berarti gerakan menyepak sesuatu dengan kaki, dengan cara mengayunkan kaki di depan atau ke sisi (Depdikbud, 1995). Sedangkan “Takraw” berarti bola atau barang bulat yang terbuat dari anyaman rotan (Depdikbud, 1992). Jadi
sepaktakraw adalah sepak raga yang telah dimodifikasikan untuk menjadikannya sebagai suatu permainan yang kompetitif. Sedangkan menurut ahli lain mengatakan sepaktakraw adalah menyepak bola dengan samping kaki, sisi kaki bagian dalam atau bagian luar kaki yang terdiri dari tiga orang pemain (Sanafiah, 1992).
Sepak takraw merupakan permainan yang sangat digemari oleh berbagai masyarakat di Indonesia, seperti Sumatera, Selawesi, dan Kalimantan. Khusnya di daerah Sulawesi Selatan, sepak takraw atau sering juga disebut sepak raga dikenal dengan istilah meraga atau maddaga. Istilah ini diambil dari bahasa Bugis yang berarti saling menghibur.
Permainan sepak raga dapat dimainkan kapan saja sebagai pengisi waktu luang. Permainan sepak raga juga merupakan salah satu acara yang selalu diadakan pada saat upacara-upacara resmi kerajaan, seperti pelantikan seorang raja, pesta keramaian keluarga, pesta panen musiman, serta untuk menyambut tamu-tamu agung.
Permainan sepak raga atau sepak sepak takraw ini termasuk jenis permainan rakyat yang merupakan perpaduan unsur olahraga dan seni yang membutuhkan kecekatan dan kelincahan. Sepak raga ini merupakan ajang komunikasi antara remaja, baik dengan cara ikut langsung bermain, maupun hanya sebagai penonton. Seiring perkembangan, permainan ini lama-lama berubah fungsi dari hanya sebagai hiburan menjadi suatu ajang kompetisi yang mengharuskan masing-masing pemain untuk berusaha lebih unggul dibanding yang lainnya.
Artikel Terkait

2 comments:

Blogging, Tips, Trik, Free Software