Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Thursday, January 29, 2015

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli



Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian remaja, sebagai berikut.
1.    Pengertian Remaja Menurut Siti Sundari
Masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek atau fungsi untuk memasuki masa dewasa. Masa remaja berlangsung
antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria.
2.    Pengertian Remaja Menurut Zakiah Darajat
Bahwa remaja (adolescene) diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional.
3.    Pengertian Remaja Menurut Hurlock
Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik.
4.    Pengertian Remaja Menurut Calon
Bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remajabelum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Menurut Sri Rumini 
Masa remaja juga ditandai dengan adanya perkembangan fisik. Perkembangan fisik pada masa remaja paling pesat di antara tahap-tahap perkembangan manusia. Selain perubahan-perubahan fisik, remaja juga mengalami perubahan secara psikologis. Perkembangan jiwa pada masa remaja juga semakin mantap. Pada akhir masa remaja, jiwanya sudah tidak mudah terpengaruh serta sudah mampu memilih dan menyeleksi. Remaja juga mulai belajar bertanggung jawab pada dirinya, keluarga, dan lingkungan. Remaja mulai sadar akan dirinya sendiri dan tidak mau diperlakukan seperti anak-anak lagi.
Artikel Terkait

2 comments:

  1. wah begitu ya mas, kalau keempat pengertian itu disatukan, maka pengertian remaja akan lebih lengkap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. .iya betul, kebetulan saya sudah sediakan artikel mengenai Pengertian Remaja Secara Umum.
      .bisa dilihat Di Sini

      Delete

Blogging, Tips, Trik, Free Software