Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Tuesday, February 2, 2016

Filsafat ~ "Lompat Jauh dalam Dimensi Ontologi"



Puji syukur kami penjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan limpahan rahmat dan karunianya penulis  dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Guna menyelesaikan salh satu tugas mata kuliah filsafat ilmu dengan judul “Lompat Jauh dalam di mensi ontologi”


Lompat Jauh dalam Dimensi Ontologi
Menurut Yusup Hidayat dkk (2010:153) menegmukakan bahwa lampat jauh merupakan salah satu nomor lampat dalam cabang olahraga Atletik. Tujuan lom[ptat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan cara memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya dengan cara berlari sprint, kemudian tolakan, , melayang keudarah, dan mendarat.
Sedangkan Sodikin Chandra dan Ahmad Asnoe (2010:67) mengemukakakan bahwa lampat jauh adalah gerakan melompat kedepan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dijangkau
Kemudian juga Sri Wahyuni dkk (2010:40) berpendapat bahwa lompat jauh adalah gerakan berpinda tempat dari satu tempat lainya dengan satu kaki tolakan kedepan sejauh-jauhnya.

Pengertian Ontologi
Menurut Jallaludin dan Abdullah idi (2012:127) dalam bukunya mengemukakakn bahwa ontologi adalah teori dalam filsafat yang membahas realitas. Teralitas ialah kenyataan selanjutnya menjuru pada suatu kebenaran.
Angeleles (1:987) dalam bukunya (Fuad Ihsan, 2010: 223) menjelaskan bahwa Ontologi berasal dari kata yunani “onta” yang berati sesuatu, yang sungguh-sungguh ada, kanyataan yang sesungguhnya, dan “Logos” yang berati “Studi”  Jadi Ontologi adalah Studi yang membahas sesuatu yang ada.
Kemudian Amsal Bahtiar dalam bukunya (2013:134) mengambil kesimpulan dalam bebebrapa pendapat
1.    Menurut bahasa, Ontologi adalah berasal dari bahasa yunani yaitu On/Ontos yang berati “ada” dan Logos yang berati “Ilmu” jadi ontologi adalah ilmu tentang yang ada
2.    Menuerut istilah ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada yang merupakan ultimate reality yang baik berbentuk jasmani/konret maupun Rohani / Abstrak
Dan juga amsat Bakhtiar menjelaskan dalam bukunya (2013:135) mengatakan bahwa ontologi adalah cabang filsafat yang membicarakan prinsip yang paling dasar atau paling dalam dari segala sesuatu yang ada.
Jadi Lompat Lauh dalam dimensi Ontologi adalah sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa ontologi memepelajari segalah sesuatu yang ada, prinsip-prinsip yang paling dasar, dan hakikat yang sebenarnya yang dapat dijangkau denga teori dan pengalaman panca indra.
Jadi lompat jauh dalam dimensi ontologi adalah lompat jauh merupakan olahraga yang mampu mempersatukan antara yang satu dengan yang lainnya baik dalam kelompok latihan maupun dalam bentuk bertandingan. Lompa jauh termaksud dalam nomor lompat dalam cabang olahraga atletik. Olahraga laompat jauh merupakan suatu olahraga yang dilakukan dengan melompat dari titik-titik tertentu katempat lainnya. Kemudian lompat jauh mampu memberikan kesehata jasmani dan rohani apabila dilakukan dengan teratur dan gerakan-gerakan yang baik.


Data Diri Penyusun
Nama              : La Lili
Judul              : Lompat Jauh Dalam Dimensi Ontologi
Tahun             : 2015
FB                   : -
BB                   : -
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software