Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Thursday, August 28, 2014

Makalah Atletik "Lompat Jangkit"


Makalah
TP. ATLETIK II
(LOMPAT JANGKIT)

Oleh :
Edi Sudrajat
831 413 104





PRODI S.1. PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN DAN KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur prnulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala nikmat dan rahmat yang dilimpahkan-Nya sehingga penyusun memperoleh kesempatan untuk menyelesaikan tugas makalah dalam matakuliah Atletik yang berjudul “Lompat Jangkit”.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini masih kurang sempurna , namn berkat rahmat dan izin dari tuhan Yang Maha Esa, serta bantuan dari berbagai pihak, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati serta melalui kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Penyusun juga mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaannya pada makalah-makalah selanjutnya.
Demikian makalh ini penyusun buat dengan harapan dapat menjadi acuan untuk peruses belajar-mengajar di perguruan tinggi dan semoga makalah ini juga bermanfat bagi para pembaca.

Gorontalo,  Februari 2014

Penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................    i
DAFTAR ISI...................................................................................................    ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang................................................................................  1
1.2  Rumusan Masalah...........................................................................   2
1.3  Tujuan Penulisan.............................................................................   2
1.4  Manfaat Penulisan..........................................................................    2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Lompat Jangkit.............................................................   3
2.2 Ciri-Ciri Lompat Jangkit.................................................................   3
2.3 Teknik Lompat Jangkit...................................................................    4
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.....................................................................................   6
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................    7



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di abad XIX merupakan masa menggeloranya kembali semangat berolahraga di kalangan masyarakat luas termasuk berkembangnya olahraga Atletik. Perkumpulan-perkumpulan Atletik mulai terbentuk. Adapun perlombaan-perlombaan Atletik mulai banyak diperlombakan dan diselenggarakan.
Pada tahun 1960 perkumpulan Atletik yang pertama di selenggarakan di Amerika tepatnya di Sanfransisco dengan nama Olimpiade Club. Kejuaraan atletik di Amerika di selenggaraka pada tahun 1960 oleh : New York Atletik Club. Setelah itu sering kali diadakan perlombaan di amerika serikat dengan Negara-negara eropa. Pada tahun 1880 di Inggris berdiri istilah Amateur Atletik Board. Tahun 1887 di New Salan berdiri New Zealand Atletik Amateur Assosation. Tahun 1899 di Belgia berdiri Lique royale belge’d Atletisme, dan di Canada berdiri Canadian Track and Field Asosiation.tahun 1895 Africa Selatan berdiri South Africant Amateur Atletic Union. Dan di Swedia berdiri SouthAfricant Amateur Atletic Union. Dan di Swedia berdiri Swenska Fri Idrotta Forbunder. Perlombaan-perlombaan kejuaraan atletik telah saring di selenggarakan. Demikian perlombaan atas Negara belum ada peraturan perlombaan menentukan pemenang.
Baru pada tanggal 17 Juli yaitu setelah selesainya perlombaan atletik pada olympiade modern V di Stockholm. Tokoh-tokoh atletik dari 17 negara yang mengikuti olypiade dari Amerika Serikat ,Australia ,Inggris ,Inggris, Jerman ,Swedia ,Yunani berdiskusi untuk membentuk suatu badan internasional yang kan membuat peraturan perlombaan atletik yang lengkap. Badan tersebut didirikan dengan nama Internasional Amateur Atletik Federation (IAAF) terpilih sebagai ketua adalah Kristina Helestrom kedua-duanya dari Swedia. Peraturan-peraturan tehnis untuk perlombaan Internasional yang pertama di sahkan pada congress yang ke tahun 1914 di Lyon Ferancis. Sejak terbentuknya IAAF ini ppenyelenggaraan perlombaan atletik makin baik terutama dalam segi pengorganisasian.

1.2  Rumusan Masalah
a.       Apa pengertian lompat jangkit?
b.      Apa ciri-ciri yang terdapat dalam olahraga lompat jangit?
c.       Bagaimana teknik dalam melakukan lompat jangkit?

1.3  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui sejarah perkembangan olahraga lompat jangkit.
b.      Untuk mengetahui pengetian dari olahraga lompat jangkit.
c.       Untuk mengetahui tehnik-tehnik dalam melakukan olahraga lompat jangkit.

1.4   Manfaat Penulisan
Adapun manfaat yang dapat kita diambil dari makalah ini adalah sebagi berikut :
a.       Bagi siswa, makalah ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan olahraga lompat jangkit dan mendapat pengetahuan tentang sejarah olahraga lompat jangkit, pengetian olahraga lompat jangkit, tehnik-tehnik yang digunakan dalam olahraga lompat jangkit.
b.      Bagi guru penagar atau dosen, makalah ini dapat dijadikan sebagi acuan dalam melakukan pengajaran tentang olahraga lompat jangkit.
c.       Bagi atlet lompat jangkit, makalah ini dapat dijadikan dasar dalam melakukan olahraga lompat jangkit.


BAB II
PEMBAHASAN 
2.1 Pengertian Lompat Jangkit
Pengertian lompat jangkit adalah lompat yang menggunakan lompatan tiga kali yaitu jingkat (hop), langkah (step), lompat (jump) atau jingkat-lompat-lompat. Pengertian lompat jangkit seperti ini karena Lompat jangkit atau sering disebut juga lompat tiga, hal ini karena lompat jangkit terdiri dari tiga lompatan jangkit, langkah dan lompat. Ada tiga tipe dalam lompat jangkit, yaitu pelompat datar, terjal, dan pelompat alamiah.

2.2 Ciri-Ciri Lompat Jangkit
a. Ciri-ciri pelompat datar
            Loncatan pertama datar dengan tidak terlalu mengerahkan tenaga. Pelompat tidak banyak kehilangan horizontal pada setiap tolakan, lengan kiri dan kanan mengayun kearah yang berlawanan.
b. Ciri-ciri pelompat terjal
Sudut tolak pada tolakan pertama sekitar 150 pada tolakan untuk langkah, lengan kiri dan kanan mengayun kearah yang sama badan bagian atas sedikit membungkuk ke depan.
c. Ciri-ciri pelompat alamiah
            Urutan jingkat, langkah, dan lompat yang semakin tinggi yaitu datar, tinggi, dan seterusnya lebih tinggi. Gerakan lompatan ini agak mirip pelompat datar.
Tipe lompatan mana yang akan dipilih dari ketiga tipe lompatan tersebut tergantung pada tipe mana yang lebih baik, kecepatan atau tenaga pelompat, namun bagi pemula sebaiknya menggunakan tipe lompat datar. pengertian lompat jangkit diatas hanya sebagian kecil yang dapat dijelaskan, tetapi poin-poin diatas sudah mewakili dari pengertian lompat jangkit itu sendiri.
Selain itu power atau stamina dalam lompat jangkit lebih banyak diperlukan daripada dalam lompat jauh. Hal ini karena dalam lompat jauh pelompat hanya melakukan satu kali tolakan untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya, sedangkan dalam lompat jangkit pelompat melakukan tiga kali tolakan untuk memperoleh jarak yang sejauh-jauhnya. sehingga dengan demikian dalam lompat jangkit pelompat harus mempunyai stamina dan power yang lebih banyak agar pelompat mampu melakukan tiga kali tolakan secara berturut-turut dengan maksimal.

2.3 Teknik Lompat Jangkit
Untuk mendapatkan gerakan yang sempurna dalam melakukan lompat jangkit kita harus dapat menguasai teknik dasar dalam melakukan lompat jangkit. Dalam melakukan lompat jangkit itu sendiri dapat dibagi dalam beberapa tahap gerakan diantaranya adalah ancan-ancang, jingkat, langkah, lompat dan mendarat.
a.       Ancang-ancang
Tergantung dari tingkat prestasi, lari ancang-ancang bervariasi antara 10 langkah (untuk atlet pemula) dan 20 langkah (untuk atlet prifesional) Kecepatan lari ancang-ancang semakin dipercepat sampai saat bertolak.
b.      Jingkat
Kaki penolak harus mendarat dengan aktif dan siap menyerang ; ayunkan paha kaki bebas keposisi horizontal, bertolak ke depan dan ke atas. Untuk Jingkat yang panjang & datar, tariklah kaki penolak ke depan atas dan tarik kaki-bebas ke bawah dan ke belakang. Pertahankan tubuh tetep gerak.
c.       Langkah
Bertolak dangan cepat; luruskan mata kaki, sendi dan lutut dan pinggang, ayunkan paha kaki-bebas ke posisi horizontal. Pada waktu gerak Langkah, posisi bertolak dipertahankan, untuk mempersiapkan gerak Lompat, luruskan kaki-bebas ke depan dan ke bawah.
d.      Lompat
Bertolaklah dengan cepat; ayunkan paha kaki-bebas ke posisi horizontal. Untuk lompat jauh, tahap melayang melibatkan teknik menggantung atau teknik melangkah. Tarik tubuh ke depan-bawah untuk mendarat, bawa lengan ke depan.
e.       Mendarat
Mendaratlah dengan kedua kaki sejajar di pasir, Biarkan tubuh mendarat di pasir di sampng kaki.



BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Pengertian lompat jangkit adalah lompat yang menggunakan lompatan tiga kali yaitu jingkat (hop), langkah (step), lompat (jump) atau jingkat-lompat-lompat. Yang memiliki tiga ciri-ciri diantaranya adalah ciri-ciri pelompat datar, ciri-ciri pelompat terjal, ciri-ciri pelompat alamiah. Serta teknik yang dasar yang perlu dipelajari adalah ancang-ancang, jingkat, langkah, lompat dan mendarat.

DAFTAR PUSTAKA






Artikel Terkait

2 comments:

Blogging, Tips, Trik, Free Software