Lingkungan
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan
perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan
sosio-psikologis, termasuk didalamnya adalah belajar.
Terhadap
faktor lingkungan ini ada pula yang menyebutnya sebagai empirik yang berarti
pengalaman, karena dengan lingkungan itu individu mulai mengalami dan mengecap
alam sekitarnya. Manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh
lingkungan itu, karena lingkungan itu senantiasa tersedia di sekitarnya. Sejauh
mana pengaruh lingkungan itu bagi diri individu, dapat kita ikuti pada uraian
berikut :
a.
Lingkungan membuat
individu sebagai makhluk sosial
Yang
dimaksud dengan lingkungan pada uraian ini hanya meliputi orang-orang atau
manusia-manusia lain yang dapat memberikan pengaruh dan dapat dipengaruhi,
sehingga kenyataannya akan menuntut suatu keharusan sebagai makhluk sosial yang
dalam keadaan bergaul satu dengan yang lainnya.
Terputusnya
hubungan manusia dengan masyarakat manusia pada tahun-tahun permulaan
perkembangannya, akan mengakibatkan berubahnya tabiat manusia sebagai manusia.
Berubahnya tabiat manusia sebagai manusia dalam arti bahwa ia tidak akan mampu
bergaul dan bertingkah laku dengan sesamanya.
Dapat
kita bayangkan andaikata seorang anak manusia yang sejak lahirnya dipisahkan
dari pergaulan manusia sampai kira-kira berusia 10 tahun saja, walaupun
diberinya cukup makanan dan minuman, akan tetapi serentak dia dihadapkan kepada
pergaulan manusia, maka sudah dapat dipastikan bahwa dia tidak akan mampu
berbicara dengan bahasa yang biasa, canggung pemalu dan lain-lain. Sehingga
kalaupun dia kemudian dididik, maka penyesuaian dirinya itu akan berlangsung
sangat lambat sekali.
b.
Lingkungan membuat
wajah budaya bagi individu
Lingkungan
dengan aneka ragam kekayaannya merupakan sumber inspirasi dan daya cipta untuk
diolah menjadi kekayaan budaya bagi dirinya. Lingkungan dapat membentuk pribadi
seseorang, karena manusia hidup adalah manusia yang berfikir dan serba ingin
tahu serta mencoba-coba terhadap segala apa yang tersedia di alam sekitarnya.
Lingkungan memiliki
peranan bagi individu, sebagai :
1)
Alat untuk kepentingan dan kelangsungan hidup individu dan menjadi alat
pergaulan sosial individu. Contoh : air dapat dipergunakan untuk
minum atau menjamu teman ketika berkunjung ke rumah.
2)
Tantangan bagi individu dan individu berusaha untuk dapat
menundukkannya. Contoh : air banjir pada musim hujan mendorong manusia untuk
mencari cara-cara untuk mengatasinya.
3)
Sesuatu yang diikuti individu. Lingkungan yang beraneka ragam
senantiasa memberikan rangsangan kepada individu untuk berpartisipasi dan
mengikutinya serta berupaya untuk meniru dan mengidentifikasinya, apabila
dianggap sesuai dengan dirinya. Contoh : Seorang anak yang senantiasa
bergaul dengan temannya yang rajin belajar, sedikit banyaknya sifat rajin dari
temannya akan diikutinya sehingga lama kelamaan dia pun berubah menjadi anak
yang rajin.
4)
Obyek penyesuaian diri bagi individu, baik secara alloplastis maupun
autoplastis. Penyesuaian diri alloplastis artinya individu itu berusaha untuk
merubah lingkungannya. Contoh : dalam keadaan cuaca panas
individu memasang kipas angin sehingga di kamarnya menjadi sejuk. Dalam hal
ini, individu melakukan manipulation yaitu mengadakan usaha untuk
memalsukan lingkungan panas menjadi sejuk sehingga sesuai dengan dirinya.
Sedangkan penyesuaian diri autoplastis, penyesusian diri yang dilakukan
individu agar dirinya sesuai dengan lingkungannya. Contoh : seorang juru rawat
di rumah sakit, pada awalnya dia merasa mual karena bau obat-obatan, namun
lama-kelamaan dia menjadi terbiasa dan tidak menjadi gangguan lagi, karena
dirinya telah sesuai dengan lingkungannya.
Baca Juga Artikel Lainnya
:
1.
Definisi peserta
didik
2.
Anatomi
Pengembangan Peserta Didik
3.
Dimensi-Dimensi Peserta Didik
4.
Hubungan
Perkembangan Pesera Didik Dengan Lingkungan
5. Kebutuhan dan Karaker Peserta Didik
6. Problematika
Peserta Didik 1
7. Problematika
Peserta Didik 2
8. Tridimensi Peserta Didik
Artikel Terkait
0 comments:
Post a Comment