Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Monday, December 7, 2015

Filsafat ~ "Logika Dalam Olahraga Bulutangkis"



Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam atas berkah dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawaat daan di haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhamad S.A.W, karena beliaulah yang membawa kita dari alam kegelapan menuju alam terang benderang seperti yang kita rasakan saat ini.
Alhamdulilah, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan tak kenal leleh dan bantuan dari teman-teman seperjuagan maupun lansung atau tidaak langsung, kemudian saaya ucapkan terimah kasih kepadaa bapak dosen selaku penangung jawab mata kuliah dan teman-teman seperjuangan.

Semoga segalah pengetahuan yang di berikan bapak dosen dan teman-teman berikan kepadaa saya Insa Allah bernilai untuk saya kedepan nanti Amin yarabal alamin.

Pada kesempatan ini izikanlah saya menyampaikan isi makalah saya dengan judul: “Logika Dalam Dimensi Olahraga Bulutangkis”

Definisi Logika Menurut Para Ahli
Logika adalah sarana untuk berfikir sitematis, Valid dan dapat di pertangung jawaban. Amsal Bakhtiar (2010 : 212), yang di maksud dengan sistematis yaitu secara teratur, seorang berfikir jangan berfikir secara keseluruhan secara bertahap tidaak sekaligus sementara, Valid yaitu berfikir yang benar tidak mengada-ngadah bukan yang salah di benarkan.
Menurut Otje  Salman 2012 :38), mengatakan bahwa logika dalam bahasa inggris di sebut “logic” latin logika yunani “logike atau logikes yaitu apa yang termasuk ucapan yang dapat di mengerti atau akal budi yang berfungsi baik, teratur, sistematis,dapat di mengerti maksud dari penjelasan tersebut yaitu di mana ketika kita berbicara dengan seseorang yang dapat di mengerti oleh akal yang bersifat baik dan dapat di pertangung jawabkan.
Menurut Faud Ihsan (2010 : 125), dalam bukunya mengatakan logika adalah sebagai sarana berfikir ilmiah akan memberi suatu memberi suatu jaminan (Assurace), bahwa pengetahuan yang di dapat sebagai hasil penarikan simpulan atau konklusi itu adalah shahi. Logika menuntut dan menjaga proses berfikir itu terhindar dari kekeliruan-kekeliruan,sehinga  demikian kecermatan dalam berfikir dapat di capai. Di mana di atas sempat menjelaskan konklusi itu adalah maksudnya sesuatu yang suda kita ketahu kebenaranya bukan yang di duga-duga suatu permasalahanya.

Dari beberapa teori para ahli di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa logika adalah suatu buah pikiran di mana seseorang mengatakan sesuatu hal yang baik yang bisa di teerimah oleh akal yang sehat. Kita dapat mempertangung jawabkan penyampaian tersebut agar dapat berfungsi untuk orang lain. Contohnya dalam olahraga bulu tangkis padaa saat kita melakukan serangan pada lawan kita melakukan gerakan yang benar yang telah kita pelajari ssebelum kita mengikuti turnamen bulu tangkis . untuk itu saya akan menerangkan apa bulu tangkis itu.

Definisi Bulutangkis Menurut Para Ahli
Menurut Mikanda Rahmani (2014 : 71), dalam bukunya mengatakan bahwa olahraga bulutangkis ini merupakan olahraga yang mengunakan alat yang di namankan raket dan kok atau shuttlecock, yang di mainkan oleh dua orang atau 4 orang pemain. Di mana ketika kita memainkan bulutangkis saling berlawanan dengan mengunakan bola dan alat yaitu reket.
Muhajir dan Budi Sutrisno (2013 : 60), menjelaskan bulutangkis adalah cabang olahraga yang termasuk dalam kelompok olahraga permainan. Permainan bulutangkis daat di mainkan di dalam maupun di luar lapangan yang di batasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu.
Menurut Aan Sujanta Wisaahati dan Teguh Santosa (2010 : 24), bulu tangkis merupakan permainan yang di lakukan secara single maupun doubel dengan cara menyebrangkan sebuah shuttlecock dengan alat raket yang di pegang oleh masing-masing pemain. Dalam permainanya di batasi setiap satu set mencapai nilai 21 dengan sistem rally point.

Dari penjelasan beberapa teori para ahli di atas saya dapat berfikir bahwa bulutangkis adalah dapat di mainkan oleh siapa saja baik di dalam maupun di luar. Di mainkan dengan mengunakan raket dan shuttlecock yaitu bola.

Bebrapa penjelasan di atas tentang logika dan olahraga bulu tangkis yaitu saling berhubungan di mana pada saat kita menjadi seorang pelatih di mana pada saat memberikan pelatihan pada atlit olahraga bulu tangkis latihan-latihan yang kita berikan yang atlit bisa terimah dengan akal sehat dan bermamfaat terhadap atlit, kemudian yang kita berikan pelatihan tersebut bisa di pertangung jawabkan oleh seorang pelatih.
Sebagai ahir penyampaian hasil pemaparan maakalah ini penulis sadar banyak kekeliruan di dalam penyusunan makalah ini, maka dari itu penulis menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, dan penulis mohon kritikan dan saran yang membangun agar kedepan nanti pembuatan makalah ini lebih baik lagi.
Demikian dan ucapan terimah kasih saya,wabillahi taufik walhidayah wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.


Data Diri Penyusun
Nama              : Muhamad Agus Umar
Judul              : Logika Dalam Dimensi Olahraga Bulutangkis
Tahun             : 2015
Facebook        : -
Twitter           : -
Artikel Terkait

2 comments:

Blogging, Tips, Trik, Free Software