Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Sunday, December 13, 2015

Filsafat ~ "Manfaat Ilmu Pengetahuan Dalam Olahraga Renang"



Manfaat Ilmu Pengetahuan Dalam Olahraga Renang
Definisi Ilmu
Menurut Stepanus Suprianto (2013:42) imu adalah kumpulan pengetahuan yang di susun secara konsisten dan kebenaranya telah teruji secara empiris.perlu di sadari bahwa pembuktian dalam ilmu tidak bersifat absolut.ilmu membatasi diri pada pengkajian objek yang berada dalam lingkup pengalaman manusia.sedangkan agama memasuki pulah daera penjelajahan yang bersifat transsendental yang berada di luar pengalaman kita.
Menurut saya ilmu adalah menyangkup seluruh kumpulan yang kita ketahui dan memiliki kebenaran yang teruji seperti polpen suda teruji bahwa polpen bisa di gunakan untuk menulis


Menurut Jalaluddin (2013 : 144) ilmu adalah pengetahuan tetapi tda semua pengetahuan adalah tergolong ilmu pengetahuan. Kant membagi dua jenis pengetahuan, yakni pengetahuan “apriori” dan a-posteriori. Pengetahuan “apriori” ialah pengetahuan yang tidak tergantung pada adannya pengalaman, atau yang ada sebelum pengalaman. Adapun pengetahuan a-posteriori adalah pengetahuan yang terjadi akibat pengalaman.
Menurut saya ilmu adalah pengetahuan yang didapat dari sebelum sebuah pengalaman dan didapat setelah pengalaman, contoh pengetahuan yang didapat dari sebelum sebuah pengalaman taitu pengetahuan logika bahasa misalnya lingkaran tidak memiliki sudut, kita tidak perlu mengadakan penelitian untuk melihat apakah semua lingkaran itu tidak memiliki sudut. Kita cukup memikirkannya saja. Sedangkan pengetahuan yang didapat setelah pengalaman contoh kucing budi hitam pengetahuan macam ini didapat dari pengalaman.

Menurut Mukhtar Latif (2014 : 118)  Ilmu merupakan pengetahuan yang mencoba menafsirkan alam ini sebagaimana adanya. Karena itu kita tidak bisa melepaskan diri dari masalah yang ada didalamnya. Dan mau tidak mau, masalah itu akan muncul dalam setiap penjelajahan ilmiah. Semua permasalahan ini telah menjadi bahan kajian para ahli filsafat sejak dahulu kala. Pada saat ilmu mulai berkembang pada tahap ontologis. Manusia mulai mengalami jarak dari objek sekitar.
Menurut saya ilmu memulai penjelajahannya pada pengalaman manusia ilmu tentang sesuatu yang ada dan sering berkembangnya ilmu pengetahuan maka sesuatu yang ada itu dapat dikembangkan sedemikian rupa contohnya, seseorang yang yang menemukan lampun mungkin pada saat itu lamu hanya mempunyai satu warna, tetapi beriringnya waktu dan berkembangnya ilmu pengetahuan sampai saat ini lampu menjadi bermacam-macam warna.
Definisi Renang
Menurut Mikanda Rahmani(2014 : 24) Renang merupakan salah satu olahraga air yang sangat mudah untuk dinikmati oleh masyarakat. Olahraga renang sering dijadikan olahraga alternatif selain sepak bola. Hal ini dikarenakan sarananya yang mudah dan tersedia dilingkungan masyarakat, juga karena harganya yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Olahraga renang memiliki banyak manfaat selain untuk kesehatan, yaitu menyehatkan tubuh juga sebagai kegiatan pengisi waktu luang atau rekreasi.
Menurut saya olahraga renang adalah olahraga yang tidak banyak membutuhkan alat atau fasilitas dan olahraga ini juga baik untuk kebugaran.

Menurut Muhajir dan Budi Sutrisno  (2013 : 187) Olahraga renang sangat berbeda dengan olahraga yang lain karena bergerak di air berbeda dengan bergerak di darat. Gerak manusia di darat pada umumnya pada posisi tegak atau vertikal di pengaruhi oleh daya tarik bumi dikurangi oleh daya tekan air ke atas.
Menurut saya olahraga renang tidak seperti olahraga yang berada di darat, seperti sepak bola berdiri tegak. Hanya menggunakan kaki untuk berlari, sedangkan olahraga renang menggunakan kaiki dan tangan dan posisi dalam olahraga renang tidak berdiri tegak olahraga renang mempunyai posisi merayap di permukaan air.

Menurut Ginanjar Atma Subrata. Renang adalah olahraga yang membutuhakan kekuatan, stamina, kelenturan, keanggungan serta kemampuan untuk mengendalikan pernapasan.
Menurut saya bahwa olahraga renang merupakan olahraga yang sangat membutuhkan keseimbangan dari pernapasan, kekuatan bahkan tehnik berenang.

Manfaat ilmu pengetahuan dalam olahraga renang seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap olahraga membutuhkan ilmu pengetahuan khususnya olahraga renang seiring berjalannya waktu ilmu pengetahuan dapat mengembangkan suatu olahraga renang, contohnya pada fasilitas seperti tempat,  ada yang memiliki pembatas renang, ada yang sudah memiliki kaca mata renang. Dan sebagainya.


Data Diri Penyusun
Nama              : Supriadi
Judul               : Manfaat Ilmu Pengetahuan Dalam Olahraga Renang
Tahun              : 2015
Facebook        :
Twitter            : -
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software