Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Tuesday, May 31, 2016

Filsafat ~ Bola Voly Dalam Dimensi Kebenaran



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yg telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyyelesaikan makalah dengan tepat waktu. Makalah ini di ajukan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Filsafat Ilmu yang berjudul “Bola voly dalam dimensi Kebenaran”
Penulis mengucapkan banyak terima kasih pada dosen mata kuliah, serta kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam penyusunan makalh ini, semoga semua amal baik semua pihak mendapat imbalan dari Allah SWT.Amin.

Penulis pun menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masi banyak kekurangan-kekurananya, hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan,,waktu, serta sumber yang penulis miliki. Oleh karena itu kritik dan aran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan penyuunan  selanjutnya.
Akhirnya penuli berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umunya. Kemudian langsung masuk pada materi ialah:
Bola Voly dalam Dimensi Kebenaran

Teori Kebenaran
Muhtar latif (2014 : 100), menjelaskan bahwa kebenaran merupakan suatu hal yang mutlak yang di perlukan untuk membuktikan suatu kebenaran dari ataupun pengetahuan yang kita dapatkan.
Hal kebenaran sesungguhnya memang merupakan tema sentral di dalam filsafat ilmu. Secara umum orang merasa bahwa tujuan pengetahuan adalah untuk mencapai kebenaran, Surajiyo (2010 : 101).
Fuad ihsan (2010 : 132), menjelaskan bahwa hukum-hukum, asas-asas, dan patokan-patokan  logika pembimbing akal manusia menempuh jalan yang paling efisien untuk menjaga kemungkinan salah dalam berfikir.
Dari beberapa teori di atas saya dapat menyimpulkan bahwa kebenaan itu adalah suatu hal yang mutlak, yang benar-benar terjadi dan tidak dapat diganggu gugat. Contohnya, jika kita kaitkan dengan olahraga voly ball, kita lihat dari sisi peraturanya, salah satunya adalah jika sedang berlangsung pertandingan seorang pemain menyentuh pita net bagian atas maka wasit akan menghentikan pertandingan dan memberikan poin untuk lawan.

Teori Olahraga
Mikanda rahmayani (2014 : 114), menjelaskn bahwa olahraga bola voly di mainkan oleh 2 tim, masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain.
Muhajir dan Budi sutrisno (2013 : 16), menjelaskan bahwa pwermainan bola voly suatu cabang olahraga yang di lakukan dngan memvoly bola di udara hilir muduk di atas jaring atau net, dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain.
Bola voly di mainkan secara beregu, tiap-tiap regu terdiri dari 6 orang pemain bentuk permainan bola voly adalah memainkan bola dengan cara di pantulkan dengan 1 atau 2 tangan secara bersama-sama untuk mencegah bola jatuh di daerah sendiri, Moh Ali Mashar dan Dwinarhayu (2010 : 5).
Dari beberapa teori di atas saya dapat menyimpulkan bahwa permainan bola voly itu adalah permainan beregu yang saling berhadapan dengan dipisahkan oleh jaring dan setiap tim yang masuk kedalam lapangan permainan berjumlah 6 orang, tim dinyatakan sebagai pemenang jika mencapai nilai 25 terlebih dahulu, dan apabila ke dua tim sama-sama mendapat nilai 24-24 dinyatakan just, penyelesainya adalah dengan mencari selisi 2 angka. Permainan bola voly juga dipimpin oleh 2 orang wasit di bantu 4 orang penjaga garis.

Hubungan Kebenaran dalam Olahraga Voly Ball
Setelah saya suda menyimpulkan beberapa teori di atas, pasti teman-teman ataupun pembaca bertanya-tanya apasih hubungan kebenaran dalam olahraga voly ball itu ?. menurut saya dalam adanya kebenaran dalam permainan bola voly maka akan terjalin sportifitas antara sesama pemain.  Contohnya, jika wasit dalam memimpin jalanya pertandingan dia memimpin dengan bijaksana dan sesuai peraturan yang suda disepakati bersama, maka saya rasa jalanya pertandingan itu akan berjalan dengan lancar, Intinua adalah kebenaran dalam permainan bola voly merupakan suatu hal yang menjadikan seorang pemain atau seorang atlet dapat menjalin suatu tali persaudaraan ataupun sportifitas (fair play).Dan yang menentukan benar atau yang salah adalah seorang wasit. Dan keputusan seorang wasit adalah mutlak.

Data Diri Penyusun
Nama              : Idris Madihutu
Judul              : Bola Voly Dalam Dimensi Kebenaran
Tahun             : 2015
Facebook        : -

Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software