Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Tuesday, May 31, 2016

Filsafat ~ Lompat Jauh Dalam Dimensi Logika



Puji syukur saya panjatkan kepada allah SWT, karena hanya dengan izin dan kuasanyalah saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan tepat waktu. Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dosen penanggung jawab mata kuliah serta teman-teman yang sudah turut membantu dalam penyusunan makalah ini, baik yang secara langsung maupun tidak langsung.

Semoga segala ilmu yang bapak berikan kepada saya dan dukngan dari teman-teman sekalian insya allah bernilai ibadah disisi Allah SWT, amin. Saya selaku penyusun makalah ini mengharapkan kritikan yang berifat membangun dari bapak dosen penanggung jawab mata kuliah serta teman-temaan sekalian, agar dapat menyelesaikan tugas-tugas berikutnya dengan lebih baik lagi.
Pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan isi makalah saya, yang saya beri judul
“Olahraga Atletik Lomat Jauh Dalam Dimensi Logika”


Berpikir logis sangat penting bagi setiap orang termasuk setiap atlet olahraga seperti olahraga atletik lompat jauh, karena berpikir logis atau berpikir secara teratur dan baik akan membantu setiap atlet untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan. Dalam sebuah pertandingan olahraga seprti lompat jauh ini tidak hanya fisik dan mentaal saat bertanding yang dibutuhkan didalamnya, akan tetpi logika juga sangat penting untuk memikirkan bagaimana cara kita untuk melakukan ketepatan-ketepatan gerakan yang kita lakukan agar bisa meraih point dan hasil yang maksimal dalam sebuah pertaandingan. Untuk memperjelas lagi apa itu logika, ada beberapa pendapat yang saya cantumkan dalam mkalah ini, yakni:

Menurut Amsal Bakhtiar, (2010:212) Logika adalah sarana untuk berpikir sistematis, valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Logika adalah sarana untuk berfikir yang baik menurut sistemnya, menurut cara yang semestinya dan juga dapat di pertanggung jawabkan.

Menurut Otje Salman, (2012:38) Logika adalah ilmu tentang berpikir (definisi nominal), ilmu pengetahuan dan kecakapn  untuk berpikir dengan lurus, teratur, dan betul. Logika adalah sebuah ilmu tentang cara berpikir manusia serta sebagai ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir dengan lurus, teratur, dan betul.

Menurut Fuad Ihsan, (2010:125) Logika adalah sebagai sarana berpikir ilmiah akan memberi suatu “jaminan” (assurance) bahwa pengetahuan yang didapat sebagai hasil penarikan kesimpulan. Logika adalah sebuah sarana berfikir secara ilmiah yang bisa memberikan suatu jaminan bahwa dimana pengetahuan yang didapat tersebut sebagai hasil penarikan kesimpulan yang baik.

Dari ketiga pendapat diatas, saya menyimpulkan bahwa logika adalah sebuah sarana berfikir yang baik menurut sistemnya untuk berfikir secara lurus, teratur dan betul juga sebagai penarikan hasil kesimpulan yang baik.
Berbicara mengenai logika diatas dapat kita pahami bahwa logika pada umumnya adalah cara berfikir dengan lurus, baik dan teratur, namun jika dikaitkan dengaan cabang olahraga atletik seeperti lompat jauh juga sangat penting untuk memikirkan step-step yang akan kita lakukan nanti pada saat melakukan gerakan lompat jauh. sebelum saya mengaitkan logika kedalam olahraga atletik ini, saya akan membahas terlebih dahulu apa itu lompat jauh.

Menurut Ngatiyono dan Dyan Putri Riswanty, (2010:25). Lompat jauh merupakan salah satu cabang nomor lompat yang dilombakan. Setiap pelompat diberi kesempatan untuk melompat tiga kali. Pemenang ditentukan lompatan terjauh. Lompat jauh merupakan satu cabang nomor lompat yang dilombakan dalam atletik, setiap pelompat mempunyai hak untuk melompat sebanyak tiga kali dan pemenangnya ditentukan oleh jauhnya jarak lompatan setiap pelompat.

Menurut Sri Wahyuni dkk, (2010:40). Lompat jauh adalah gerakan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain dengan satu kali tolakan ke depan sejauh-jauhnya. Lompat jauh merupakan suatu gerakan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain atau gerakan berpindah dari awal kita melakukan start hingga kita melakukan pendaratan di bak lompatan dengan satu kali tolakan kedepan sejauh mungkin.

Menurut Yusup Hidayat dkk, (2010:153). Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dalam cabang atletik. Tujuan lompat jauh ialah melompat sejauh-jauhnya dengan cara memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya dengan cara berlari sprint, kemudian melakukan tolakan, melayang diudara, dan mendarat. Lompat jauh bertujuan untuk melompat sejauh-jauhnya dengan cara memindahkan seluruh tubuh ke titik tertentu dengan cara berlari sprint (cepat) kemudian melakukan tolakan kedepan agar membuat kita melayang diudara dan mendarat dengan sebaik mungkin.

Dari ketiga pendapat diatas, saya menyimpulkan bahwa lompat jauh adalaah satu cabang nomor lompat dalam atletik yang dilombakan bertujuan untuk memindahkan seluruh tubuh dari satu tempat ketempat yang lain dengan cara berlari sprint kemudian melakukan tolakan untuk membuat kita melayang diudara dan mendarat dengan baik.
Jika saya kaitkan olahraga ini dengan logika, sangat penting bagi setiap atlet lompat jauh menggunakan logika untuk memikirkan step demi step yang akan dilaluinya, karen selain memerlukan kekuatan fisik olahraga ini juga memerlukan logika untuk memikirkan cara-cara agar bisa menapakkan kakinya di papan tumpuan dengan tepat agar tolakan yang dihasilkan nanty cukup maksimal untuk meraih jarak terjauh di bak lompatan ketika mendarat nanti.
Selain itu juga logika bisa membuat atlet percaya diri karena bisa memikirkan hal yang positif pada lawan agar dia bisa melaluinya tanpa mendramatisir keadaan sebelum bertanding.

Data Diri Penyusun
Nama              : Ramdan Suleman
Judul              : Olahraga Atletik Lomat Jauh Dalam Dimensi Logika
Tahun             : 2015
Facebook        : Ramdan Suleman
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software