Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Tuesday, May 31, 2016

Filsafat ~ Manfaat Ilmu dalam Olahraga Pencak SIlat



Pertama tama kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karna dengan rahmat, karunia serta taufik dan hidayahnya kita masih bisa berkumpul di tempat yang sederhana ini.
Yang terhormat bapak pembimbing mata kuliah filsafat ilmu, yang saya banggakan teman-teman seperjuangan dan terimakasih juga kepada bapak yang telah memberikan tugas ini kepada saya  sehingga dengan tugas yang sederhana ini atau jauh dari kata sempurna bisa bermanfaat kelak bagi kita semua.

Dan ijinkanlah saya memaparkan hasil makalah saya yang berjudul MANFAT ILMU DALAM OLAH RAGA ATLETIK.

Baca juga artikel lainnya dari Ahmad Rofik yang berjudul Budaya Dalam DimensiOlahraga Pencak Silat”

Menurut Fuad Ikshan (2010:306) memberikan pengertian ilmu adalah suatu cara berfikir dalam menghasilkan kesimpulan berupa pengetahuan. Maksut dari teori ini adalah bagaimana cara kita berfikir sehinggannya apa yang kita lakukan dapat menghasilkan kesimpulan yang dapat menambah pengetahuan.
Contohnya, apakah perlu kita melakukan pemanasan sebelum berolahraga, setelah kita tarik kesimpulan, ternyata dengan kita melakukan pemanasan telebih dahulu itu penting, agar badan kita terasa tidak kaku dan terhindar dari cidera. Sehingganya kita dapat mengetahui sebelum berolahraga alangkah baiknya kita melakukan pemanasan.

Menurut Stefanus Suprianto (2013:42) ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara konsistan dan kebenarannya telah teruji secara empiris. Maksud dari teori ini adalah ilmu yang tertuju atau terfokus pada sesuatu yang kebenarannya telah teruji dan di akui banyak orang.
Contohnya, seorang atlit yang memiliki sikap konsisten atau disiplin pada sesuatu biasanya lebih memiliki potensi dan kesuksesan di bandingkan atlit yang tidak memiliki sikap ini.karena kta tau bersama kesuksesan diawali dari sikap disiplin. Sehingganya dengan ilmu ini banyak memotifasi banyak atlit. Bahwasanya dengan kita menananmkan sikap disiplin ini kita mampu meraih kesuksesan dengan mudah.

Menurut Amsal Bahtiar (2012:13) ilmu adalah sebagian pengetahuan yang bersifat koheren, empiris, sistimatis dan dapat diukur dan dibuktikan. Maksud dari teori in adalah ilmu yang tersusun secara rapi,terurut, fakta dan menjadi ide suatu untaian yang logis sehongga mudah di pahami.
Contohnya, kita ambil dari cabang lari, disitu terpampang nyata bahwa dalam olah raga ini memiliki teknik dasar, yaitu teknik start, teknik berlari dan teknik memasuki finish. Kan tidak mungkin kita awali denagn teknik berlari dulu, sehingganya kita belajar dengan cara uang berurut sehingganya muah dan di mengerti semua orang.

Menurut Jaja Suharja Husdarta dan Eli Maryani (2010:28) atletik merupakan cabang olah raga yang terdiri atas teknik dasar jalan, lari, lempar dan lompat. Maksud dari teori ini adalah olah raga ini cabang dari beberapa olah raga yang didalamnya terdiri atas lari,lempar, lompat.

Dalam bukunya yang lain menurut Eli Maryani dan Jaja Suharja Husdarta (2010:23) atletik adalah cabang dari olah raga yang didalamnya terdiri atas nomor jalan, lari, lempar, lompat. Maksud dari teori ini adalah olah raga ini adalah cabang dari beberapa olah raga yang di perlombakan contohnya lari, lempar dan lompat.

Menurut Aan Sunjata Wisahati dan Teguh Santosa (2010:41) atletik merupakan induk dari semua olah raga yang hampir semua orang dapat melakukannya. Maksud dari teori diatas adalah dimana olahraga ini adalah induk dari semua cabang olahraga dan hampir semua orang dapat melakukannya.

Kesimpulan, atletik adalah suatu cabang olahraga yang didalamnya terdiri dari cabang lari, lempar, lompat, didalam cabang olahraga ini juga memiliki beberapa nomor yang dipertandingkn. Olahrag ini juga banyak digemari dan di sukai oleh banyak orang karena mudah di pahami dan di lakukan.

Keterkaitan, ilmu sangat berperan penting dalam bidang olah raga, karna tanpa adanya ilmu kita tidak akan tau apa makna dari dari berolahraga. Contohnya kita meminati sati cabang olah raga , sudah pasti disetiap olah raga memiliki teknik dasar dan aturan. Dengan manfaat ilmu inilah kita bisa tau segala hal tentang olahraga.
Ilmu juga tidak hanya di butuhkan oleh kalangan olahragawan, tapi di butuhkan dalam bidang permasyarakatan dan pendidikan karan dengan ilmu kita bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita kelak.

Data Diri Penyusun
Nama              : Triansyah Paputungan
Judul              : Manfaat Ilmu Dalam Olahraga Atletik
Tahun             : 2015
Facebook        : Anca Paputungan
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software