Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Tuesday, May 31, 2016

Filsafat ~ Etika Atlet Dalam Permainan Bola Voly



Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah swt atas rahmat dan hidayahnya shingga kita senantiasa berada dalam sehat dan senantiasa masih dapat berkarya demi kemajuan pendidikan dan berprestasi di dalam bidang olaharaga.
Selaku mahasiswa di fakultas olahraga kesehatan ini saya menyambut dengan gembira dan penuh apresiasi atas tugas makalah filsafat yamg di berikan kepada kami mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Olahraga dan Kesehatan jurusan Penedidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi tepatnya di semester 5. 

Makalah ini sebuah kreativitas dari karya mahasiswa dimana kita mendapatkan ilmu dari beberapa referensi yang telah kit abaca, makalah ini merupakan pembelajaran pada matakuliah filsafat.
Alhamdulillah ini dapat saya selesaikan berkat bantuan, dorongan dan kerja sama dari teman-teman seperjuangan tersebut dan ucapan banyak terimakasih kepada bapak dosen penanggung jawab matakuliah.
Baiklah saya akan menyampaikan isi dari makalah ini yang berjudul :
“ETIKA ATLIT DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY”


Etika ini sangant penting dalam kehidupan kita sehari-hari dimana etika yang selalu membahas tentang sikap atau perilaku yang berada pada diri kita sendiri maupun orang lain. Contoh : yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari apabila orang dikatakan mempunyai etika bilamana seorang tersebut bisa menghormati atau menghargai yang lebih tua dari kita begitupun sebaliknya yang tua bias menghargai yang lebih muda.
Menurut Surajiyo (2010 : 146) secara terminalogi etika adalah cabang filsafat  yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubunganya dengan baik buruk.
Dan menurut Zaprulkan (2013 : 168)  etika adalah ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau adat kebiasaan.
Stefanus Supriyanto (2013 : 196) mengemukakan etika adalah ilmu pengetahuan tentang normative, direktifdan evaluative yang bertugas memberi pertimbangan dan penilaian perilaku manusia dalam masyarakat apakah baik atau buruk, benar ataupun salah.
Dari ketiga teroi di atas dapat disimpulkan bahwa etika di dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga ketingkat internasional hidup bermasyarakat di perlukan suatu sistem yang mengatur bagaimana seharusnya manusia itu bergaul. System pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan di kenal dengan sebutan sopan santun, tatakrama dll.
Ø  Etika normative tidak berbicara tentang gejala-gejala melainkan tentang apa yang sebenarnya harus merupakan tindakan kita.
Ø  Etika deskriptif berbicara mengenai fakta secara apa danya atau tentang kenyataan
Ø  Etika evaluative merupakan suatu penelitian pada suatu objek
Menurut Tri Jaya S. dan Marjuki (2010 : 15) bola volly adalah cabang olahraga beregu. Setiap regu berjumlah 6 pemain, permainan bola volly dilakukan di sebuah lapangan yang berbentuk pesegi panjang.
Budi Aryanto dan Margono (2010 : 2) mengatakan bola volly dimainkan oleh duaregu. Setiap regu terdiri atas 6 pemain dalam permainan bola volly, setiap regu harus menempatkan bola di daerah lawan agar mendapatkan angka (point). Pemenang dalam permainan bola volly adalah regu pertama yang memperolah angka 25. Di indonesia, olaharga bola volly berada di bawah organisasi PBVSI yaitu Persatuan Bola Volly Seluruh Indosnesia.
Menurut Suwandi, dkk (2010 : 18) bola volly merupakan permainan bola besar. Bolla volly juga dimainkan secara beregu setiap regu terdiri atas 6 orang. Pemain ini menggabungkan gerak dasar atletik seperti lari dan lompat.
Dari ketiga teori diatas dapat kita simpulkan permainan bola volly banyak digemari oleh banyak orang dan merupakan permainan bola besar yang menggabungkan antara gerak dasar ateltik lari dan lompat dan tehnik dsasr yang terdiri didalam permainan bola volly terbagi atas dari beberapa yaitu pasing terdiri atas dua : pasing atas dan pasing bawah dan tehnik dasar smash, blocking dan servise.
Setelah kita mengetahu imasing-masing antar etika dan olahraga maka terdapat keterkaitan di antara kdua yaitu jika kita berbicara tentang etika maka berbicara tentang tingkah laku yang baik ataupun buruk yang bersifat positif ataupun negative yang sesuai aturan-aturan dalam pertandingan bola volly yang sudah di tetapkan atau sudah berlaku. Didalam permainan bola volly atlet juga harus memiliki etika-etika perilaku yang baik saat dalam pertandingan berlangsung dan sikap akan saling menghargai terhadap teman setim kita, juga sangat diprlukan bias menerima keputusan wasit yang sudah ditetapkan kepada team. Oleh karena itu etika dalam permainan bola volly sangat mempunyai perang penting dalam mencari suatu prestasi.

Data Diri Penyusun
Nama              : Oktaviany Sumaga
Judul              : Etika Atlit Dalam Permainan Bola Volly
Tahun             : 2015
Facebook        : KhykySumaga
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software