Apabila kita perhatikan anak-anak yang sedang berbaris di
depan kelas, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan ukuran jasmani.Adaanak yang
tinggi, pendek, kurus, dan gemuk dengan beraneka ragam bentuknya.
Nampaknya pada anak-anak tersebut secara fisik kurang segar
sebagaimana seharusnya, hal ini disebabkan antara lain kelebihan berat
badannya.
Pertumbuhan
Fisik Jasmani Anak Usia SD
Mencakup
pertumbuhan biologis misalnya pertumbuhan otak, otot dantulang. Pada usia 10
tahun baik laki‐laki maupun
perempuan tinggi dan berat badannya bertambah kurang lebih 3,5 kg. Namun
setelah usia remaja yaitu 12‐13 tahun
anak perempuan berkembang lebih cepat dari pada laki‐laki, Sumantri dkk (2005).
a. Usia masuk kelas satu SD atau MI berada dalam periode peralihan
dari pertumbuhan cepat masa anak anak awal ke suatu fase perkembangan yang
lebih lambat. Ukuran tubuh anak relatif kecil perubahannya selama tahun tahun
di SD.
b. Usia 9 tahun tinggi dan berat badan anak laki‐laki dan perempuan kurang lebih sama.
Sebelum usia 9 tahun anak perempuan relatif sedikit lebih pendek dan lebih
langsing dari anak laki‐laki.
c. Akhir kelas empat, pada umumnya anak perempuan mulai mengalami
masa lonjakan pertumbuhan. Lengan dan kaki mulai tumbuh cepat.
d. Pada akhir kelas lima, umumnya anak perempuan lebih tinggi, lebih
berat dan lebih kuat daripada anak laki‐laki. Anak laki‐laki
memulai lonjakan pertumbuhan pada usia sekitar 11 tahun.
Menjelang
awal kelas enam, kebanyakan anak perempuan mendekati puncak tertinggi
pertumbuhan mereka. Periode pubertas yang ditandai dengan menstruasi umumnya
dimulai pada usia 12‐13 tahun.
Anak laki‐laki memasuki masa pubertas dengan
ejakulasi yang terjadi antara usia 13‐16 tahun.
Baca
juga artikel lainnya tentang :
Artikel Terkait
Pendidikan
- Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
- Permasalahan-Permasalahan Penyesuaian Diri Remaja
- Lingkungan Sebagai Penentu Penyesuaian Diri Remaja
- Konsep dan Proses Penyesuaian Diri Remaja
- Jelaskan Perilaku Menyimpang Pada Remaja
- Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi Remaja
- Bentuk-Bentuk Perilaku Menyimpang Pada Remaja
- Tridimensi Peserta Didik
- Problematika Peserta Didik Part 2
- Problematika Peserta Didik Part 1
- Kebutuhan dan Karaker Peserta Didik
- Hubungan Perkembangan Pesera Didik Dengan Lingkungan
- Dimensi-Dimensi Peserta Didik
- Anatomi Pengembangan Peserta Didik
- Definisi Peserta Didik
- Setrategi Pembelajaran dan Model Pembelajaran Dikjas Adaptif Bagi ABK
- Program Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
- Pengertian dan Kerakteristik Tunagrahita
- Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi ABK
- Solusi Pendidikan di Indonesia
- Pemecahan Masalah Pemerataan Pendidikan
- Masalah Pokok Pendidikan dan Cara Menanggulanginya
- Masalah Mendasar Pendidikan di Indonesia
- Perkembangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar (SD)
0 comments:
Post a Comment