Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Monday, March 23, 2015

Peraturan Permainan Bulu Tangkis



1.    Servis
Peraturan melakukan servis, dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.
a.    Pada waktu akan servis shuttlecock diletakkan di depan badan di bawah garis pinggang.
b.    Raket yang dipegang untuk servis harus dalam keadaan miring.

c.    Waktu melakukan servis harus hanya ada satu gerakan raket.
d.   Penerima atau receiver tidak boleh memindahkan kaki dari lapangan (court) sebelum shuttlecock dipukul dengan raket.

Servis yang tidak memenuhi peraturan yang berlaku dinyatakan suatu kesalahan (fault) oleh wasit. Jika ada server melakukan pukulan servis salah (fault) maka nilai diberikan kepada pihak lawan dan pindah servis.

2.    Menghitung Angka atau Nilai
Dalam permainan bulu tangkis baik putra maupun putri sistem penilaiannya menggunakan rally point, yaitu dengan jumlah nilai setiap game 21 dan apabila terjadi kedudukan nilai 20–20 maka disebut deuce atau yus sehingga mencari kemenangan setelah kedudukan nilai 20–20 harus mencari nilai selisih nilai 2 lebih dulu harus diraih.

3.    Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
Untuk dapat meningkatkan teknik dalam permainan bulu tangkis diperlukan latihan teknik yang teratur. Dalam latihan agar lebih terasa menyenangkan sebaiknya dilakukan dalam bentuk permainan. Berikut cara melakukan bentuk permainan dalam latihan bulu tangkis.
Bagilah siswa dalam kelas menjadi beberapa regu, setiap regu terdiri atas dua siswa. Kemudian dua regu saling berhadapan dan salah satu regu melakukan servis, sedangkan regu yang lain sebagai penerima servis. Dalam melakukan servis gunakanlah teknik forehand dan backhand.
Regu yang paling banyak gagal mengembalikan bola dinyatakan kalah dan mendapat hukuman, yaitu dengan cara meloncat-loncat di tempat sebanyak lima kali.


Ucapan Terimakasih disampaikan Kepada :
Nama Penulis  : Sri Wahyuni, Sutarmin dan Pramono
Judul Buku      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tahun              : 2010
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software