Pages

Subscribe:

About

Text Widget

Text Widget

Tuesday, March 31, 2015

Teknik Dasar Bermain Bola Voli



Bola voli merupakan suatu permainan yang dimainkan secara beregu. Tiap-tiap regu terdiri dari 6 pemain. Bentuk permainan bola voli adalah memainkan bola dengan cara dipantulkan dengan 1 atau 2 tangan secara bersama-sama untuk mencegah bola jatuh di daerah sendiri. Beberapa teknik dasar yang dipelajari dalam permainan bola voli adalah servis, passing, smash, dan block.


1.    Teknik Dasar Bermain Bola Voli
Teknik bermain bola voli harus kamu kuasai agar kamu dapat memenangkan pertandingan. Beberapa teknik yang sebaiknya kamu kuasai di antaranya adalah passing dan smash.

a.    Passing Bawah dan Passing Atas Secara Berpasangan
Passing adalah gerakan memukul bola untuk mengoper. Cara melakukan latihan passing atas dan passing bawah secara berpasangan adalah sebagai berikut.
1)   Dua orang saling berhadapan dengan jarak + 2 meter.
2)   Ketika temanmu melempar bola maka sambutlah dengan passing bawah atau passing atas.
3)   Mainkan bola tersebut secara bolak-balik dengan menggunakan passing atas dan passing bawah secara bergantian tergantung ketinggian bola.


Passing dapat juga divariasikan dengan dilakukan sambil berjalan maupun berlari. Passing sambil berjalan atau berlari merupakan salah satu cara mengejar bola dengan jarak yang agak jauh. Latihan dilakukan secara berpasangan. Caranya, bola dilambungkan oleh teman maka kamu menerimanya dengan passing atas atau passing bawah sambil berjalan atau berlari tergantung jarak bola dengan tempatmu berdiri.

b.   Smash
Smash adalah pukulan yang menukik, keras, dan tajam. Smash merupakan gerakan yang kompleks, yang terdiri dari melangkah, meloncat, memukul bola melayang di udara dan mendarat kembali setelah memukul bola.

1)   Smash Langsung
Adalah smash yang dilakukan terhadap bola yang datang dari lawan. Latihan dilakukan secara berpasangan. Bola dilambungkan temanmu, secepatnya kamu langsung meloncat di dekat net dan melakukan smash.


2)   Smash dari Belakang
Smash ini dilakukan sebagai serangan untuk menghindari block yang kuat. Latihan dilakukan secara berpasangan. Berdirilah jauh di belakang daerah serang. Saat bola dilambungkan temanmu, langkahkan kaki ke depan hingga posisi badan tepat dibelakang bola tapi masih dibelakang garis serang, kemudian lakukan pukulan smash dan mendarat dengan gerakan mengeper.


3)   Smash Silang dan Smash Lurus
Smash ini dibedakan menurut arah smashnya. Latihan dilakukan secara berpasangan. Bola dilambungkan oleh temanmu. Lakukan gerakan awal, yaitu melangkah, menolak, dan memukul. Saat dipukul, arahkan bola lurus ke depan atau menyilang.


2.    Kombinasi Servis, Passing Atas atau Bawah dan Smash
Kombinasi teknik passing atas, bawah, dan smash dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
a)    Permainan dimulai dengan servis dan diarahkan kepada pihak lawan.
b)   Pihak lawan menerima bola dengan passing bawah dan dioperkan kepada temannya.
c)    Temannya tersebut menerima operan dengan passing atas untuk dikembalikan lagi pada teman yang memberikan operan tadi.
d)   Baru bola dikembalikan ke pihak lawan dengan dismash melewati atas net.
e)    Sebelum dismash bola dapat dioperkan beberapa kali kepada teman-temannya.


Ucapan Terimakasih Kepada :
Penulis             : Moh. Ali Mashar dan Dwinarhayu
Judul Buku      : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Keolahragaan Untuk SMP
Tahun              : 2010
Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Post a Comment

Blogging, Tips, Trik, Free Software