Peserta
didik mengikut alur perkembangan manusia pada umumnya. Perbedaannya, mereka
menerima sentuhan lebih dibandingkan dengan tidak meniti bangku sekolah.Karena
itu, peserta didik memerlukan pengembangan sesuai dengan keterampilan, sikap,
perilaku, pengetahuan, dan nilai-nilai pribadi anggota masyarakat. Dalam makna
luas, perkembangan peserta didik mencangkup lima ranah, yang secara ringkas
disajikan seperti berikut ini.
Sunday, May 31, 2015
Tuesday, May 26, 2015
Anatomi Pengembangan Peserta Didik
Pengembangan dan perkembangan peserta didik merupakan
evolusi progresif dari dimensi fisik, sosial, mental, budaya dan spiritual, dan
intelektual. Kelimanya tumbuh dan berkembang sebagai kesadaran dan mewujud
sebagai pengorganisasian dengan kekuatan-kekuatan yang lebih
Labels:
Pendidikan
Definisi Peserta Didik
Secara etimologi peserta didik dalam bahasa arab disebut
dengan Tilmidz jamaknya adalah Talamid, yang
artinya adalah “Murid”, maksudnya adalah “orang-orang yang mengingini
pendidikan”. Dalam bahasa arab dikenal juga dengan istilah Thalib, jamaknya
adalah Thullab, yang artinya adalah “mencari”, maksudnya
adalah “orang-orang yang mencari ilmu”. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw :
Labels:
Pendidikan
Tuesday, May 19, 2015
Setrategi Pembelajaran dan Model Pembelajaran Dikjas Adaptif Bagi ABK
Anak berkebutuhan khusus (ABK) ini ada dua kelompok, yaitu:
ABK temporer (sementara) dan permanen (tetap). Adapun yang
termasuk kategori ABK temporer meliputi: anak-anak yang berada di
lapisan strata sosial ekonomi yang paling bawah, anak-anak jalanan (anjal),
anak-anak korban bencana alam, anak-anak di daerah perbatasan dan di pulau
terpencil, serta anak-anak yang menjadi korban HIV-AIDS. Sedangkan yang
termasuk kategori ABK permanen adalah anak-anak
Labels:
Pendidikan
Program Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
Program pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus tidaklah
sama dengan siswa lainnya, karena setiap siswa memiliki karakteristik dan
kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan program pembelajaran yang
lebih khusus disesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut. Walaupun saat
pelaksanaan pembelajaran bersama-sama dengan siswa lain, tetapi program yang
harus diterapkan berbeda dengan program pembelajaran bagi siswa lainnya. Untuk
memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal maka diperlukan pengembangan maupun
modifikasi pembelajaran dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan setiap siswa.
Labels:
Pendidikan
Subscribe to:
Posts (Atom)