Pages

Sunday, December 13, 2015

Filsafat ~ "Manfaat Ilmu Pengetahuan Dalam Olahraga Renang"



Manfaat Ilmu Pengetahuan Dalam Olahraga Renang
Definisi Ilmu
Menurut Stepanus Suprianto (2013:42) imu adalah kumpulan pengetahuan yang di susun secara konsisten dan kebenaranya telah teruji secara empiris.perlu di sadari bahwa pembuktian dalam ilmu tidak bersifat absolut.ilmu membatasi diri pada pengkajian objek yang berada dalam lingkup pengalaman manusia.sedangkan agama memasuki pulah daera penjelajahan yang bersifat transsendental yang berada di luar pengalaman kita.
Menurut saya ilmu adalah menyangkup seluruh kumpulan yang kita ketahui dan memiliki kebenaran yang teruji seperti polpen suda teruji bahwa polpen bisa di gunakan untuk menulis

Wednesday, December 9, 2015

Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah
Indonesia sebagai negara tropis memiliki Sumberdaya Alam yang tinggi nilainya, khususnya sumberdaya terbarukan. Pada pembahasan Sumberdaya Alam, di Dewan Pertahanan Nasional (WANTANAS) Indonesia tahun 2008, pengertiannya dibedakan menjadi sumber-sumber alam yang masih

Sejarah Perkembangan Olahraga Anggar


Sejarah Perkembangan Olahraga Anggar
Pada zaman purbakala sebelum ada senjata modern, setiap bangsa sudah beranggar untuk membela diri dengan menangkis ataupun menyerang. Sesuai yang dinyatakan oleh Dugan, Ken and Dewitt,R.T (1978 : 153) bahwa alat yang dipergunakan adalah barang apapun juga, baik dari kayu maupun dari besi untuk menangkis bila mendapat serangan. Taylor, James (1991 : 1) menyebutkan bahwa terdapat cerita sejarah

Filsafat ~ "Hukum Dalam Olahraga Renang"



Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT karena pada hari ini kita masih dapat di pertemukan kembali di tempat yang penuh berkah ini, yang insya Allah masih tetap dalam lindungan Allah SWT. Amin ya robbal alamin
Yang saya hormati bapak Prof. Dr. H. Hariadi Said M.Si selaku dosen / pembimbing dimata kuliah Filsafat ini, serta teman-teman seperjuangan kelas 5c. Semoga segala ilmu dan dukungan dari teman-teman semua akan bernilai ibadah di mata Allah SWT.

Monday, December 7, 2015

Filsafat ~ "Logika Dalam Olahraga Bulutangkis"



Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam atas berkah dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawaat daan di haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhamad S.A.W, karena beliaulah yang membawa kita dari alam kegelapan menuju alam terang benderang seperti yang kita rasakan saat ini.
Alhamdulilah, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan tak kenal leleh dan bantuan dari teman-teman seperjuagan maupun lansung atau tidaak langsung, kemudian saaya ucapkan terimah kasih kepadaa bapak dosen selaku penangung jawab mata kuliah dan teman-teman seperjuangan.

Wednesday, December 2, 2015

Filsafat ~ "Nilai Dalam Olahraga Atletik"



Alhamdulillah, selayaknya segala puji kita panjatkan hanya kepada ALLAH SWT. Bijak hanya kepada-Nya kita meminta ampunan. Kita berlindung hanya kepada-Nya dari buruknya jiwa dan kejelekan amal perbuatan kita. Siapa saja yang telah diberikan petunjuk oleh ALLAH, tidak ada satupun yang dapat menyesatkannya. Sebaliknya, siapa saja yang telah disesatkan oleh ALLAH, tidak ada satupun yang dapat memberinya petunjuk.

Tuesday, December 1, 2015

Filsafat ~ "Ilmu Dalam Olahraga Sepakbola"



Segala puji hanya miliknhya, tuhan semesta alam yang senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah serta inaya-Nya kepada kita semua, Sholawat serta salam tetap terlimpah curah tiada henti kepada makluk terbaik-nya, Nabi Muhammad SAW, yang kita harapkan syafaatnya.
Alhamduliah, makalah ini dapat saya selesaikan berkat usaha yang tak kenal lelah serta bantuan dari teman – teman baik sesacara langsung maupun tak langsung. Saya menyadari didalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat didalamnya, untuk itu saya sangat mengharapakan adanya kritikan dan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Sunday, November 29, 2015

Filsafat ~ Hukum Dalam Olahraga Sepakbola



Puji syukur  atas kehadirat ALLAH SWT karena pada pagi hari ini kita semau masih diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di ruangan ini guna melaksanakan proses perkuliahan.
Untuk mempersingkat waktu langsung saja saya akan mempresentasekan makalah yang saya beri judul “Hukum Dalam Dimensi Olahraga Sepak Bola “

Saturday, November 28, 2015

Filsafat ~ "Nilai Pancasila Dalam Olahraga Bulutangkis"



Puji dan syukur hanya miliknya Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberi taufik, hidayah serta inayah-nya sehingga kita masih dapat beraktifitas sebagaimana mestinya. Shalawat dan salam terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya hingga saat ini.

Friday, November 20, 2015

Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan




Tenis adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang pemain yang berhadapan atau satu lawan satu yang disebut single. Tenis juga dapat dimainkan empat orang yang disebut double, yaitu dua orang berhadapan dengan dua orang.
Permainan tenis dilakukan di atas rumput (lawn), tetapi dalam perkembangannya tenis sekarang dimainkan di lapangan yang dibuat dari papan kayu, semen, beton, dan bahan lain yang dikeraskan.

Wednesday, October 21, 2015

Teknik Shooting Dlm Permainan Bola Tangan



Menembak adalah bentuk gerak kemparan yang ditujukan untuk memasukkan bola ke gawang. agar berhasil, lemparan yang dilakukan harus bertenaga dan memiliki daya ledak (Eksplosif Power) dengan artian mengarahkan sekuruh kecepatan dan kekuatan dalam waktu yang sangat singkat sehingga menghasilkan gerak laju bola yang cepat. Menembakkan bola harus dilakukan dengan upaya yang sungguh-sungguh sehingga menghasilkan perbedaan sikap tubuh yang disesuaikan. Yang paling menarik adalah pelaksanaan tembakan fliying shot yang memerlukan irama tiga langkah.

Teknik Menangkap Bola Pada Bola Tangan



Berbagai teknik menangkap bola memerlukan sikap tubuh yang tertentu pada dasarnya, posisi tubuh untuk menangkap harus memungkinkan agar bola dating langsung kea rah penangkap, agar dicapai sikap menangkap yang benar-benar memungkinkan disamping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah prinsip menyerap gaya yang dibawah bola agar impact dari bola dapat tersaur dan dipatahkan sebesar mungkin. Caranya ikuti bola dengan kedua lengan dan salurkan daya penahan sedikit demi sedikit terhadap bola. Menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar yang sangat penting dan pertama-tama yang seharusnya perlu dikuasai oleh setiap permainan, apakah itu pemain depan,

Teknik Passing Dalam Bola Tangan



Mengoper bola tau lebih lazim di sebut passing adalah merupakan salah satu tehnik yang sangat penting dalam permainan bola tangan, ibaratnya permainan bola kaki, operan-operan yang cantik dan menawan dapat membuat pemain lawan ekstra hati-hati dalam menjaga pertahanannya, itu juga yang terjadi dalam permainan bola tangan, oeran bola dari tangan ke tangan sangat penting dalam usaha membangun sebuah serangan ke daerah pertahanan lawan, guna menghasilkan sebuah  gol. Passing dalam hakekatnya perbagi dalam dua bagian yaitu passing dengan dua tangan dan passing dengan satu tangan.

Teknik Dasar Permainan Bola Tangan


Sebagaimana cabang olahraga yang diperlombakan pada ajang Nasional maupun Internasional, bola tangan juga mempunyai beberapa macam teknik dasar yang perlu di pelajari. Namun pada umumnya bola tangan berjalan dengan tempo yang cepat. Oleh karena itu seorang pemain bola tangan harus memiliki teknik yang tinggi. Pemain harus dapat melakukan start lari dengan cepat, memiliki kelincahan (agility) dapat menangkap bola dengan mantap, melempar (mengoper) bola dengan tepat sasaran. Selain itu juga pemain harus memiliki kordinasi tubuh yang baik serta menguasai beberapa teknik menembakkan bola ke gawang lawan.

Teknik Dasar Dribbling Pada Permainan Bola Tangan



Dalam bola tangan, menggiring bola merupakan teknik dasar yang cukup sulit karena memerlukan kordinasi mata-tangan yang tingggi, dan harus jeli dan pandai saat memantulkan bola supaya lentingan bola tepat dan tetap dalam penguasaan si penggiring.

Tuesday, October 13, 2015

Permasalahan-Permasalahan Penyesuaian Diri Remaja



Di antara persoalan terpentingnya yang dihadapi remaja dalam kehidupan sehari-hari dan yang menghambat penyesuaian diri yang sehat adalah hubungan remaja dengan orang dewasa terutama orang tua. Tingkat penyesuaian diri dan pertumbuhan remaja sangat tergantung pada sikap orangtua dan suasana psikologi dan social dalam keluarga. Sikap orangtua yang otoriter, yang memaksakan kekuasaan dan otoritas kepada remaja juga akan menghambat proses penyesuaian diri remaja. Biasanya remaja berusaha untuk menentang kekuasaan orang tua dan pada gilirannya ia kan cenderung otoriter terhadap teman-temannya dan cenderung menentang otoritas yang ada baik di sekolah maupun dimasyarakat.

Lingkungan Sebagai Penentu Penyesuaian Diri Remaja



Pada dasarnya penyesuaian diri melibatkan individ dengan dengan lingngannya. pada penulisan ini beberapa lingkungan yang dianggap dapat menciptakan penyesuaian diri yang cukup sehat bagi remaja, diantaranya adalah sebagai berikut :

Konsep dan Proses Penyesuaian Diri Remaja



Sebelum kita membahas tentang konsep serta prosesnya, kita harus mengenalduu apa Pengertian Penyesuaian Diri.
Penyesuaian diri merupakan suatu proses dinamis yang bertujuan untuk mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai antara diri individu dengan lingkungannya. Atas dasar pengertian tersebut  dapat diberikan batasan bahwa kemampuan manusia sanggup untuk membuat hubungan-hubungan yang menyenangkan antara manusia dengan lingkungannya.

Tuesday, September 29, 2015

Jelaskan Perilaku Menyimpang Pada Remaja



Meurut sumber yang saya dapatkan di Yahoo Answers, perilaku menyimpang pada remaja dibedakan menjadi tiga, diantaranya adalah sebagai berikut :

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi Remaja



Perkembangan adalah masa dimana proses terjadinya perubahan fungsi otak atau tubuh manusia yang disebabkan karena faktor-faktor tertentu. Hal ini disebabkan karena setiap orang akan selalu bertumbuh dan berkembang mengikuti alur kehidupan yang dijalani oleh seorang tersebut. Secara umum, perkembangan kepribadian pada renaja dipengaruhi oleh lima faktor yaitu :

Bentuk-Bentuk Perilaku Menyimpang Pada Remaja



Perilaku menyimpang atau perilaku yang kerap tidak sesuai dengan aturan dan normaa-norma yang berlaku daalaam lingkungan sering dilakukan oleh remaja. Masa pubertas menjadi andil besar atas terjadinya penyimpangan ini, mereka menganggap ini adalah masa penjajakan dimana mereka ingin merasakan kesenangan yang sebenarnya tidaak dibenarkan dalam aturan.

Wednesday, August 26, 2015

Tridimensi Peserta Didik



Hampir semua referensi kependidikan selalu mengawali pembahasan dengan mengedepankan esensi manusia, yang dalam konteks sekolah disebut peserta didik. Ketika itu pula muncul pertanyaan mengenai apa esensi manusia? Pertanyaan ini agaknya paling sulit menemukan jawabannya. Dari sisi pandang positif, manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia, berakal berbudi, insan beradab, paling potensial untuk berkembang, dan sebagainya. Dari sisi pandang negative, kita pun melihat realitas bahwa sebagian manusia merupakan makhluk paling rakus, pengguna teknologi yang kejam, penguras sumberdaya alam yang tamak, pebisnis yang curang, dan sebagainnya. Tugas pendidikan

Atletik ~ Lari Jarak Pendek



Organisasi atletik internasional adalah IAAF. IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor di Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. Oleh karena itu, faktor utama yang menentukan lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang diubah menjadi gerakan yang sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi.

Friday, June 12, 2015

Problematika Peserta Didik Part 2

Baca artikel sebelumnyaMasalah-Masalah Internal Belajar

b.   Faktor-Faktor Ekstern Belajar
Proses belajar didorong oleh motivasi intrinsic siswa. Disamping itu proses belajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong oleh lingkungan siswa. Dengan kata lain aktifitas

Problematika Peserta Didik Part 1



Permasalahan yang dialami manusia tidak akan pernah putus sampai ajal menjemput, permasalahan manusia akan semakin memuncak ketika mereka menginjak usia transisi dimana keingin tahuan yang sangat tinggi dengan semangat yang menggebu-gebu akan sia-sia tanpa bimbingan yang terarah, perkiraan usia transisi manusia yaitu ketika mereka berada di jenjang sekolah tingkat menengah, ketika mereka menginjak remaja dan dewasa awal, mereka lebih tenar dengan istilah ABG (Anak Baru Gede).

Monday, June 1, 2015

Kebutuhan dan Karaker Peserta Didik



Kebutuhan dapat dipandang sebagai suatu aturan yang objektif yang terdapat dalam diri individu yang apabila dipenuhi akan menyebabkan tercapainya suatu kepuasan dan adanya penyesuaian antara individu dengan lingkungannya. Secara garis besar kebutuhan dapat dibedakan atas beberapa golongan yaitu :

Hubungan Perkembangan Pesera Didik Dengan Lingkungan

    Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis, termasuk didalamnya adalah belajar.
Terhadap faktor lingkungan ini ada pula yang menyebutnya sebagai empirik yang berarti

Sunday, May 31, 2015

Dimensi-Dimensi Peserta Didik



Peserta didik mengikut alur perkembangan manusia pada umumnya. Perbedaannya, mereka menerima sentuhan lebih dibandingkan dengan tidak meniti bangku sekolah.Karena itu, peserta didik memerlukan pengembangan sesuai dengan keterampilan, sikap, perilaku, pengetahuan, dan nilai-nilai pribadi anggota masyarakat. Dalam makna luas, perkembangan peserta didik mencangkup lima ranah, yang secara ringkas disajikan seperti berikut ini.

Tuesday, May 26, 2015

Anatomi Pengembangan Peserta Didik



Pengembangan dan perkembangan peserta didik merupakan evolusi progresif dari dimensi fisik, sosial, mental, budaya dan spiritual, dan intelektual. Kelimanya tumbuh dan berkembang sebagai kesadaran dan mewujud sebagai pengorganisasian dengan kekuatan-kekuatan yang lebih

Definisi Peserta Didik



Secara etimologi peserta didik dalam bahasa arab disebut dengan Tilmidz jamaknya adalah Talamid, yang artinya adalah “Murid”, maksudnya adalah “orang-orang yang mengingini pendidikan”. Dalam bahasa arab dikenal juga dengan istilah Thalib, jamaknya adalah Thullab, yang artinya adalah “mencari”, maksudnya adalah “orang-orang yang mencari ilmu”. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw :

Tuesday, May 19, 2015

Setrategi Pembelajaran dan Model Pembelajaran Dikjas Adaptif Bagi ABK


Anak berkebutuhan khusus (ABK) ini ada dua kelompok, yaitu: ABK temporer (sementara) dan permanen (tetap). Adapun yang termasuk kategori ABK temporer meliputi: anak-anak yang berada di lapisan strata sosial ekonomi yang paling bawah, anak-anak jalanan (anjal), anak-anak korban bencana alam, anak-anak di daerah perbatasan dan di pulau terpencil, serta anak-anak yang menjadi korban HIV-AIDS. Sedangkan yang termasuk kategori ABK permanen adalah anak-anak

Program Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus



Program pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus tidaklah sama dengan siswa lainnya, karena setiap siswa memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan program pembelajaran yang lebih khusus disesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut. Walaupun saat pelaksanaan pembelajaran bersama-sama dengan siswa lain, tetapi program yang harus diterapkan berbeda dengan program pembelajaran bagi siswa lainnya. Untuk memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal maka diperlukan pengembangan maupun modifikasi pembelajaran dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan setiap siswa.

Pengertian dan Kerakteristik Tunagrahita



A.  Pengertian
Tunagrahita merupakan kata lain dari Retardasi Mental (mental retardation). Tuna berarti merugi, Grahita berarti pikiran. Retardasi Mental (Mental Retardation atau Mentally Retarded) berarti terbelakang mental. Tunagrahita sering disepadankan dengan istilah-istilah, sebagai berikut :

Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi ABK



Untuk membantu para guru pendidikan jasmani mengembangkan strategi pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus diperlukan metode yang tepat sebagai cara dalam menyampaikan materi kepada siswa. Menurut Tarigan (2000:45) ada 3 macam metode pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa berkebutuhan khusus: 1. Metode bagian, 2. Metode keseluruhan, dan Metode gabungan.

Tuesday, May 5, 2015

Pengertian dan Sejarah Atletik



Atletik berasal dari bahasa Yunani, yaitu “athlon atau athlum” artinya pertandingan, perlombaan, pergulatan, atau perjuangan. Orang yang melakukannya dinamakan “athleta (atlet). Kita dapat menjumpai pada kata “pentahtlon yang terdiri dari kata “panta” berarti lima atau panca athlon berarti lomba. Arti selengkapnya adalah “panca lomba” atau perlombaan yang terdiri dari lima nomor. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, atletik adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingan atau diperlombakan yang meliputi nomor jalan, lari, lompat, dan lempar.

Monday, May 4, 2015

Serba-Serbi Olahraga Softball



Permainan softball pertama kali diciptakan oleh George Hancock dari Amerika Serikat pada tahun 1887, dan dimainkan pertama kalinya di negara bagian Chicago pada tahun 1933. Pada tahun 1906 permainan softball ini mulai dibuatkan peraturan permainan oleh Lewis Robert, tetapi kemudian peraturan permainan ini diperbaiki lagi oleh Mathew pada tahun 1916.

Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola


A.  Hakikat Sepak Bola
Sepak bola dalam permainan sesungguhnya dimainkan di atas lapangan berbentuk segi empat dengan ukuran yang sudah ditentukan, yang setiap regunya dimainkan oleh 11 pemain, termasuk penjaga gawang. Permainan ini dibatasi dengan waktu 2 x 45 menit, istirahat 15 menit dan dipimpin oleh satu orang wasit utama, dua orang hakim garis dan satu orang wasit cadangan.

Peraturan Permainan Sepak Bola



Peraturan dalam permainan sepak bola, antara lain sebagai berikut.
1.    Kick Off
Kick Off adalah tendangan pertama yang dilakukan oleh dua pemain satu regu di lingkaran tengah lapangan saat mulai permainan.

Monday, April 13, 2015

Variasi Dari Teknik Dasar Bermain Sepak Bola



Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan secara beregu atau berkelompok. Tiap-tiap regu terdiri atas 11 pemain. Tujuan utama dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Dalam permainan sepak bola diperlukan teknik permainan yang tinggi dengan kontrol bola yang prima, kerja sama yang terjalin rapi, serta semangat yang tinggi dari pemain.
Pada artikel kali ini, kamu akan mempelajari variasi dari teknik dasar bermain sepak bola yang meliputi teknik menendang, menggiring, dan menghentikan bola serta kombinasinya.

Bentuk Formasi Latihan Keterampilan Bermain Sepak Bola



Kali ini Edhay Sport akan membahas beberapa bentuk formasi latihan keterampilan bermain sepak bola, khususnya teknik dasar mengoper dan menggiring bola.

a.    Bermain Sepak Bola Dengan Keterampilan Menggunakan Bentuk dan Berbagai Formasi Latihan
Bentuk-bentuk latihan keterampilan bermain sepak bola antara lain sebagai berikut.

Tuesday, March 31, 2015

Teknik Dasar Bermain Bola Voli



Bola voli merupakan suatu permainan yang dimainkan secara beregu. Tiap-tiap regu terdiri dari 6 pemain. Bentuk permainan bola voli adalah memainkan bola dengan cara dipantulkan dengan 1 atau 2 tangan secara bersama-sama untuk mencegah bola jatuh di daerah sendiri. Beberapa teknik dasar yang dipelajari dalam permainan bola voli adalah servis, passing, smash, dan block.

Bentuk Formasi Latihan Untuk Keterampilan Bermain Bola Voli



Bola voli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu dan masing-masing regu terdiri atas 6 orang pemain. Setiap regu berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati bagian atas jaring atau net dan mencegah pihak lawan dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangannya.

Monday, March 23, 2015

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis



Jika kalian ingin menjadi pemain bulu tangkis yang berprestasi maka kalian harus menguasai teknik dasar permainan bulu tangkis. Berikut teknik-teknik dasar dalam bulu tangkis.

Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bulu Tangkis



1.    Lapangan Bulu Tangkis
Lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan peraturan International Badminton Federation (IBF) sebagai berikut.
a.    Panjang lapangan: 13,40 meter digunakan untuk partai tunggal (single) dan ganda (double).
b.    Lebar lapangan: 6,10 meter digunakan untuk partai ganda dan ukuran 5,18 meter digunakan untuk partai tunggal.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis



1.    Servis
Peraturan melakukan servis, dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.
a.    Pada waktu akan servis shuttlecock diletakkan di depan badan di bawah garis pinggang.
b.    Raket yang dipegang untuk servis harus dalam keadaan miring.

Wednesday, March 18, 2015

Teknik Dasar Permainan Bola Basket



Kamu tentu mengenal permainan bola basket. Permainan bola basket merupakan suatu permainan beregu yang masingmasing regu terdiri dari lima orang. Teknik dasar permainan bola basket adalah melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola.

Monday, March 16, 2015

Pengelolaan Sumberdaya Alam



Pembangunan disuatu daerah selalu disasarkan pada pemanfaatan suatu sumberdaya alam. Makin banyan suatu daerah yang mempunyai sumberdaya alam dan makin efesien pemanfaatan sumberdaya alam tersebut, makin baiklah harapan akan tercapainya keadaan kehidupan ekonomi yang baik dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menjamin kelangsungan pembangunan ekonomi,

Masalah Kependudukan dan Lingkunagn Hidup


Pertumbuhan peduduk dewasa ini mengalami pertumbuhan relatif cepat,  pertumbuhan ini berimplikasi pada kondisi biofisik lingkungn, permasalahan ekonomi, kesenjangan sosial dan ketersediaan lahan yang cukup untuk menopang kesejahteraan hidup manusia.

Klasifikasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli



Para ahli dalam pakar Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup mengemukakan beberapa pendapat yang dapat kita simak bersama-sama sebagai berikut.

A.  Klasifikasi Sumberdaya Alam Menurut Owen
Berdasarkan sifatnya Owen (1980) mengelompokan sumberdaya alam yang Inexhaustible dan Exhaustible. Sumberdaya Alam Inexhaustible adalah sumberdaya alam yang akan habis. Akan tetapi

Tuesday, March 10, 2015

Solusi Pendidikan di Indonesia



Untuk mengatasi masalah-masalah, seperti rendahnya kualitas sarana fisik, rendahnya kualitas guru, dan lain-lain seperti yang telah dijelaskan diatas, secara garis besar ada dua solusi yaitu:
1.    Solusi Sistemik
Solusi sistematik yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan

Pemecahan Masalah Pemerataan Pendidikan



Permasalahan pendidikan di Indonesia merupakan permasalahan yang sangat sulit untuk diselesaikan, akan tetapi bukan tidak mungkin masalah pendidikan di Indonesia ini akan terselesaikan. Pada dasarnya ada banyak metode pemecahan masalah dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia yang bisa digunakan oleh pemerintah dan juga pihak-pihak yang berwenang alam dunia pendidikan

Masalah Pokok Pendidikan dan Cara Menanggulanginya



Sistem pendidikan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan social budaya dan masyarakat sebagai suprasistem. Pembangunan sistim pendidikan tidak mempunyai arti apa-apa jika tidak singkron dengan pembanguan nasional. Kaitan yang erat  antara bidang pendidikan sebagai sistem dengan sistem sosial budaya sebagai suprasistem tersebut di mana sistem pendidikan menjadi

Masalah Mendasar Pendidikan di Indonesia



Bagi orang-orang yang berkompeten terhadap bidang pendidikan akan menyadari bahwa dunia pendidikan kita sampai saat ini masih mengalami “sakit”. Dunia pendidikan yang “sakit” ini disebabkan karena pendidikan yang seharusnya membuat manusia menjadi manusia, tetapi dalam kenyataannya seringkali tidak begitu. Seringkali pendidikan tidak memanusiakan manusia.

Saturday, February 28, 2015

Pertumbuhan Fisik Jasmani Anak Usia Sekolah Dasar (SD)



Apabila kita perhatikan anak-anak yang sedang berbaris di depan kelas, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan ukuran jasmani.Adaanak yang tinggi, pendek, kurus, dan gemuk dengan beraneka ragam bentuknya.

Perkembangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar (SD)



a.    Perkembangan Intelektual
Intelektual menurut para ahli diantaranya menurut Wechler (1958) merumuskan intelektual sebagai "keseluruhan ke-mampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. Intelektual bukanlah suatu yang

Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar (SD)



Mereka mengembangkan rasa percaya dirinya terhadap kemampuan dan pencapaian yang baik dan relevan. Meskipun anak-anak membutuhkan keseimbangan antara perasaan dan kemampuan dengan kenyataan yang dapat mereka raih, namun perasaan akan kegagalan atau ketidakcakapan dapat memaksa mereka berperasaan negatif terhadap dirinya sendiri, sehingga menghambat mereka

Thursday, February 26, 2015

Karakteristi Perkembangan Anak Usia SMP dan SMA



A.  Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolahmenegah Pertama (SMP)
a.    Perkembangan Dalam Sikap Kognitif
Untuk membahas perkembangan kognitif  (berpikir) pada  anak saat berada di sekolah menengah pertama (SMP), dikemukakan pandangan dari Piaget, Vigotksy, dan para ahli psikologi

Jenis-Jenis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Dasar (SD)



Pertama-tama peru dijelaskan istilah “kebutuhan”, “Dorongan” dan “motif” Definisi dorongan atau motif adalah suatu keadaan alasan pada diri seseorang untuk memicu untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Kebutuhan lebih sering digunakan untuk mengacu pada keadaan fisiologis seseorang. Sehingga dorongan atau motif lebih merupakan akibat psikologis dari suatu kebutuhan

Jenis-Jenis Kebutuhan Anak Usia SMP dan SMA



Pada dasarnya, kebutuhan yang terdapat pada anak usia SMP dan SMA tidak jauh berbeda karena cara piker mereka yang relatif stabil dan memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya.
Dapat dikatakan juga bahwa kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang terdapat pada anak usia SD, kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang terdapat pada anak usia SMP, sedankan Tersier

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia SMP dan SMA


1.    Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan sosialnya. Kondisi dan tata cara kehidupan keluarga merupakan lingkungan yang kondusif bagi sosialisasi anak. Proses pendidikan yang bertujuan

Dinamika Perilaku Individu Anak Usia SD, SMP dan SMA



Sudah cukup lama dirasakan adanya ketidakseimbangan antara perkembangan intelektual dan emosional remaja di SMP dan SMA. Kemampuan intelektual mereka telah dirangsang sejak awal melalui berbagai macam sarana dan prasarana yang disiapkan di rumah dan di sekolah. Mereka telah dibanjiri berbagai informasi, pengertian-pengertian, serta konsep-konsep pengetahuan melalui media

Wednesday, February 25, 2015

Perasaan dalam Kelompok Olahraga



Didalam proses kelompok dapat diamati dalam berbagai kegiatan. Akan tetapi disamping itu ada pula aspek lain yang menyertai kegiatan kelompok itu, yaitu perasaan. Perasaan ini penting, karena perasaan dapat merangsang atau menghambat produktifitas kelompok. Dalam kaitannya dengan perasaan ini, manusia tidak pernah netral, seperti kita senang atau tidak senang, tertarik atau tidak

Dinamika Dalam Kelompok Olahraga



Dinamika kelompok menunjukan pada seperangkat konsep yang dipergunakan untuk melukiskan atau menggambarkan proses-proses kelompok. Oleh karena itu, konsep-konsep tersebut dapat pula digunakan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas kelompok dalam arti meningkatkan iklimnya maupun produktifitasnya.

Monday, February 23, 2015

Bentuk Interaksi Dalam Kelompok Olahraga



Dalam kondisi sosial, olahraga memiliki bentuk-bentuk tersendiri. Misalnya, kelompok-kelompok atau club-club olahraga, induk-induk organisasi olahraga, lembaga-lembaga olahraga dan sebagainya. Tetapi semuanya itu memiliki suatu tingkat dinamika tertentu yang menyebabkan pola-pola perilaku yang berbeda, tergantung pada setiap situasi yang dihadapinya. Perubahan dan perkembangan

Saturday, February 21, 2015

Atletik ~ Jalan Cepat



Kalian tentu pernah melakukan lari cepat. Misalnya, saat kalian bermainkejar-kejaran, sepak bola, atau petak umpet. Hampir semua kegiatan permaina memerlukan keterampilan lari. Lari cepat dapat membantu kalian memenangkan suatu permainan atau olahraga. Meski terlihat sederhana, lari cepat juga memiliki teknik-teknik dasar.

Aktifitas Gerakan senam Lantai 2



Senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas permukaan lantai. Senam lantai biasa dilakukan di dalam ruangan. Contohnya, di dalam gedung olahraga atau aula. Gerakan-gerakan dalam senam lantai mengharuskan tubuh bersentuhan dengan lantai. Karenanya, lantai diberi alas berupa matras atau kasur busa. Hal itu untuk keselamatan dan keamanan saat berlatih. Senam lantai dibedakan menjadi dua macam, yaitu senam lantai tanpa alat dan dengan alat.

Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Guna meningkatkan taraf kebugaran jasmani seseorang diperlukan latihan yang berkenaan dengan kondisi fisik. Kali ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur kesegaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan olahraga, yaitu kecepatan dan unsur kesegaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan yaitu kekuatan, daya tahan, dan kelentukan.

Saturday, February 7, 2015

Aktifitas Gerakan Senam Lantai 1


A.  Pengertian Senam Lantai
Istilah senam merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, yaitu gymnastic atau gymnos dalam bahasa Yunani (Greek) yang artinya telanjang. Karena pada waktu itu (zaman kuno) melakukan senam dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Sedangkan menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia bersenam adalah menggeliat atau meregang-regangkan anggota badan sehabis tidur.

Friday, February 6, 2015

Permainan Tenis Meja Lengkap



Permainan tenis meja baru dikenal di negara kita (Indonesia) kira-kira pada tahun 1930. Pada waktu itu permainan tenis meja hanya dilakukan oleh orang-orang Belanda saja, sebagai pengisi waktu luang atau untuk rekreasi bagi orang-orang Belanda di balai-balai pertemuan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa permainan tenis meja pada waktu itu belum dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Thursday, January 29, 2015

Tugas-Tugas Perkembangan Remaja

Menurut Karl C.Garrison (dalam al-mighwar) ada 6 kelompok pembagian tugas perkembangan yang berbeda yaitu :
1.    Menerima Keadaan Jasmani
Pada periode praremaja (periode pubertas), anak tumbuh cepat yang mengarahkannya pada bentuk orang dewasa. Pertumbuhan ini diiringi juga oleh perkembangan sikap dan citra diri. Mereka

Karakteristik Umum Perkembangan Remaja



Karakteristik remaja berhubungan dengan pertumbuhan (perubahan-perubahan fisik) ditandai oleh adanya  kematangan seks primer dan sekunder.  Sedangkan karakteristik yang relevan dengan perkembangan (perubahan-perubahan aspek psikologis dan sosial).
1.    Pertumbuhan Fisik ”Kematangan Seks Primer”
Kematangan seks primer adalah ciri-ciri yang berhubungan dengan kematangan fungsi

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli



Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian remaja, sebagai berikut.
1.    Pengertian Remaja Menurut Siti Sundari
Masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek atau fungsi untuk memasuki masa dewasa. Masa remaja berlangsung

Pengertian Remaja Secara Umum



Remaja dalam bahasa Latin adalah adolescence, yang artinya “tumbuh atau tumbuh untuk mencapai kematangan”. Istilah adolescence sesungguhnya mempunyai arti yang luas, mencakup kematangan mental,emosional, social, dan fisik (Hurlock, 1991). Pandangan ini didukung oleh Piaget (Hurlock, 1991) yang mangatakan bahwa secara psikologis remaja adalah suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa, suatu usia dimana anak tidak merasa bahwa

Thursday, January 15, 2015

Makalah Struktur Tubuh Pada Manusia



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Organ tubuh adalah seluruh anggota tubuh manusia, baik organ tubuh manusia bagian luar maupun organ tubuh dalam manusia.  Organ Tubuh manusia bagian dalam itu antara lain: Adrenalin; Appendiks; Duodenum; Esofagus; Ginjal; Hati; Jantung; Kandung empedu; Kandung kemih; Kulit;